10 Kesalahan Mengelola Keuangan yang Tak Dilakukan Orang Sukses KontakPerkasa Futures, Mengatur pengeluaran secara efektif menjadi sebuah keterampilan yang harus dimiliki seseorang agas bisa sehat secara finansial. Cara tersebut juga menjadi jalan bebas hambatan untuk menjadi kaya. Bukan rahasia lagi, banyak miliarder yang sudah mempelajari hal tersebut sejak kecil.

Arti mengatur pembukukan secara efektif bukan hanya hemat, tetapi jauh lebih luas yaitu pandangan mengenai kebiasaan-kebiasaan dalam mengatur pengeluaran dan pendapatan.

Penting untuk mendidik diri Anda sendiri tentang ancaman dan tantangan dalam mengelola keuangan di dunia ini. Ada beberapa prinsip kunci dari beberapa miliarder yang bisa membantu Anda mengatur uang seara efektif untuk mempersiapkan masa depan. Mengutip dari lifehack.org, berikut cara-cara tersebut:

1. Miliarder tidak menghabiskan uang secara berlebih

Ini merupakan hal penting dari manajemen uang pribadi. Contohnya Sir John Templeton, investor dan miliarder legendaris ini hanya hidup dari 50 persen pendapatannya. Untuk mencontohnya, Anda bisa memulai dengan menabung 10 persen hingga 15 dari pendapatan.

2. Orang sukses tidak berfokus pada harga, melainkan memahami arti nilai

Orang-orang sukses berpikir tentang nilai dari suatu benda. Prospek dari investasi yang mereka lakukan dipikirkan masak-masak. Sedangkan dalam memilih barang pribadi, mereka memilih membeli barang kualitas tinggi yang tahan lama.

3. Orang kaya tidak membuang uang untuk tagihan dan bunga, namun handal dalam memanfaatkan produk perbankan

Orang-orang kaya memperhatikan jumlah saldo mereka. Pembayaran tagihan akan sangat mudah dilakukan jika Anda mengerti bagaimana sistem perbankan bekerja.

4. Mereka tidak lupa untuk mengatur keuangan setelah perubahan besar dalam hidup

Saat baru menikah atau naik jabatan, situasi keuangan Anda akn berubah drastis. Mereka yang sukses akan berdiskusi dengan pasangan mereka mengenai rencana finansial setidaknya setahun sekali.

5. Mereka tidak puas dengan pendapatan yang stagnan dan selalu mencari cara untuk menambah penghasilan

Orang-orang sukses kerap mencari aktifitas untuk menambah pendapatan. Contohnya mengambil kursus untuk meningkatkan kemampuan mereka atau memberikan kontribusi ide baru kepada perusahaan.

6. Mereka tidak mendiamkan tagihan-tagihan

Orang-orang sukses mengatur jadwal kurang lebih sekali sebulan selama 30 menit hingga 60 menit untuk mengevaluasi semua rekening finansial mereka.

7. Mereka tidak mengambil resiko keuangan yang konyol

Mereka yang sukses menggunakan dua senjata utama untuk menghindari bangkrut, yaitu mengerti akan asuransi dan pentingnya alokasi aset.

8. Mereka tidak berpura-pura mengerti tentang uang

Dunia ini kompleks dan segalanya berubah dengan cepat. Mereka yang sukses tidak sok tahu dan mengerti batasan mereka.

9. Mereka tidak melempar tanggungjawab ke ahli

Walau sesekali mereka mencari saran dari ahlinya, namun mereka kritis dalam mengevalusi dan bertanya pada orang yang memberi mereka saran.

10. Mereka tidak membiarkan mencari nafkah menghalangi target mereka sesungguhnya

Walau mencari nafkah penting untuk akses ke teknologi, kesehatan, dan hiburan, mereka yang sukses mengerti bahwa sukses secara finansial hanya satu aspek dari kesuksesan secara keseluruhan. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.