10 Negara Ini Paling Kompetitif di DuniaInternational business school IMD yang berada di Lausanne, Swiss selama 26 tahun terakhir telah mengeluarkan daftar negara yang dikatakan paling kompetitif. Amerika Serikat (AS) menjadi negara yang berada di urutan pertama.

Seperti dilansir dari Forbes, Kamis (29/5/2015), meski saat ini menempati urutan pertama, namun AS sebelumnya selalu diperingkat bawah sampai dengan 2010. Namun pada 2011, AS berhasil bangkit dari keterpurukan keuangan, dan 2012 menempati posisi teratas.

IMD memberikan peringkat kepada 60 negara di seluruh dunia. Dari 338 kriteria yang diberikan, ada empat kategori kinerja ekonomi, seperti ekonomi, efisiensi pemerintah, efisiensi bisnis dan infrastruktur.

IMD menggunakan survei terhadap lebih dari 4.300 eksekutif internasional, sepertiga data-data tersebut diambil dari lembaga seperti Organisation for Economic Co – operation and Development, Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia. Adapun beberapa kriteria yang diambil seperti investasi langsung, surplus anggaran, pendapatan dari pariwisata, dan penganggulangan.

IMD juga mengambil survei dari 55 lembaga partner ndi seluruh dunia, seperti badan pembangunan Irlandia IDA Irlandia, Federasi Industri Jerman, dan Mitsubishi Research Institute di Jepang yang membantu mengumpulkan statistik dari sumber-sumber nasional dan mendistribusikannya. Survei berlangsung dari Januari sampai Maret tahun ini.

Berikut ini adalah daftar IMD dari sepuluh negara paling kompetitif di 2014. Urutan pertama, Amerika Serikat (AS), di peringkat kedua ada negara Swiss.

Selanjutnya negara Singapura yang menempati urutan ketiga, sebelumnya negara tersebut berada di posisi keempat pada 2013. Negara Hong Kong berada di posisi keempat, sebelumnya Hongkong berada di urutan ketiga.

Negara Swedia harus turun peringkat ke posisi lima, tergeser dari posisi sebelumnya di urutan keempat. Negara Jerman naik peringkat ke posisi enam dibandingkan dengan posisinya di 2013 yang menempati posisi sembilan.

Negara Kanada dan UEA menjadi negara satu-satunya yang tidak bergerak dari posisi di 2013, Tahun ini, keduanya berada di posisi ketujuh dan delapan. Sementara itu, Denmark berhasil naik ke posisi sepuluh besar, dari peringkat sebelumnya 12, menjadi peringkat kesembilan. Negara Norwegia harus turun ke peringkat sepuluh dari peringkat sebelumnya, yaitu enam.

Artikel: kontakperkasa futures.