17 Hal Pengganggu Tingkat KesuburanUntuk melahirkan bayi yang sehat dibutuhkan pasangan wanita dan pria yang juga sehat. Tapi kadang-kadang, masih saja sulit untuk bisa mengandung bahkan ketika waktunya sudah tepat dengan orang yang tepat dan kesehatan yang baik.

Ternyata tingkat kesuburan Anda dipengaruhi lebih banyak faktor dari yang Anda bayangkan sebelumnya. Jadi, jika Anda ingin hamil, atau bahkan jika Anda ingin lebih mudah hamil saat waktunya tiba nanti, penting untuk mengetahui gaya hidup apa  yang harus diubah.

Berikut terdapat 17 hal yang bisa mengganggu tingkat kesuburan Anda:

Paparan cahaya artifisial pada malam hari
Sudah banyak diketahui umum bahwa menatap layar smartphone atau tablet pada malam hari memiliki dampak yang sangat buruk, dan ternyata kebiasaan ini tidak hanya mengganggu siklus tidur Anda. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility, paparan cahaya artifisial bisa membahayakan kemampuan Anda untuk menghasilkan keturunan. Paparan cahaya pada larut malam bisa menekan produksi melatonin atau “hormon tidur” yang juga dihasilkan di saluran reproduksi untuk menghambat sel telur dari radikal bebas yang bisa merusak, terutama saat proses ovulasi. Kekurangan produksi melatonin dapat mengganggu jam internal janin yang sedang berkembang dan bisa menyebabkan masalah jangka panjang, kata peneliti.

Junk Food
Jika Anda tidak mengonsumsi nutrisi yang tepat (misalnya lemak tak jenuh tunggal, zat besi, vitamin D dan B6), Anda bisa mengacaukan regulasi hormon reproduksi yang sangat penting dalam tubuh Anda seperti progesteron, insulin dan testosteron. Oleh karena itu, mulailah untuk mengonsumsi lima makanan sehat guna meningkatkan potensi hamil pada tubuh Anda. Selain itu, pastikan Anda tidak melewatkan sarapan bergizi. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Science menemukan bahwa mengonsumsi sekitar setengah dari kalori harian Anda saat pagi hari dapat meningkatkan kesuburan.

Tingkat Kolesterol Anda dan Pasangan
Kolesterol tinggi tidak hanya membahayakan jantung Anda tapi juga memberikan dampak negatif terhadap kemampuan Anda bereproduksi, menurut penelitian terbaru dalam Journal of Endocrinology and Metabolism. Para peneliti menemukan bahwa kadar kolesterol yang tinggi pada wanita berhubungan erat dengan kesulitan untuk bisa hamil. Tapi ketika pasangan pria dan wanita yang memiliki kolesterol tinggi, jauh lebih sulit lagi untuk bisa hamil dibandingkan dengan pasangan yang memiliki kadar kolesterol normal. Hasil ini masih berlaku bahkan setelah disesuaikan berdasarkan usia dan indeks masa tubuh atau BMI. Jadi jika Anda dan pasangan Anda mengharapkan anggota ketiga di keluarga Anda, pastikan Anda berdua memeriksakan kadar kolesterol Anda.

Stres
Jika Anda sulit untuk bisa hamil, mengikuti kelas yoga atau spa sepertinya perlu untuk dimasukkan dalam agenda Anda, pasalnya menurut penelitian yang dipublikasikan tahun ini di jurnal Human Reproduction menemukan bahwa tingkat stres yang tinggi berkaitan erat dengan meningkatnya risiko infertil. Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan kadar tinggi alpha-amilase (hormon stres yang berhubungan dengan sistem sarat simpatis Anda) memiliki 29 persen kesempatan lebih rendah untuk bisa hamil dan dua kali lebih berisiko infertil dibanding wanita dengan tingkat alpha-amilase yang rendah. Tidak ada waktu untuk menikmati resort pantai favorit Anda? Tenang saja, kami sudah mengumpulkan banyak cara untuk menghilangkan stres hanya dalam waktu lima menit (salah satunya adalah dengan cokelat!).

Kesehatan Mulut yang Sangat Buruk
Sebuah penelitian di Journal of Periodontology menemukan bahwa wanita yang membutuhkan perawatan kesuburan seringnya mengalami pendarahan dan peradangan gusi dibanding mereka yang hamil secara alami. “Beberapa penelitian mengindikasikan bahwa kesehatan mulut wanita berkaitan erat dengan keberhasilan reproduksi mereka,” kata Susan Karabin, D.D.S., juru bicara untuk American Academy of Periodontology. Jadi pastikan Adna menyikat gigi dengan benar, membersihkan sela-sela gigi dengan benang dan memeriksakan kesehatan mulut Anda ke dokter setiap enam bulan.

Merokok
Semoga saja, peningkatan risiko kanker paru-paru dan payudara telah membuat Anda meninggalkan kebiasaan yang sangat tidak sehat ini. Jika tidak, The American Society for Reproductive Medicine (ASRM) memperkirakan bahwa merokok ternyata memiliki kaitan erat dengan 13 persen kasus infertil. Selain itu, penelitian Tobacco Control menemukan bahwa wanita yang terkena asap rokok enam atau tujuh jam lebih selama sehari 36 persen dari mereka cenderung sulit mengandung.

Untungnya, tingkat kesuburan Anda akan kembali normal dalam waktu sekitar satu tahun, jadi jika Anda mencoba untuk hamil (atau jika Anda hidup lebih lama, dan lebih sehat) buang jauh-jauh rokok dan katakan pada teman atau keluarga untuk melakukan hal yang sama.

Berat Badan Anda
Jika Anda butuh alasan untuk pergi ke pusat kebugaran (atau menurunkan latihan olahraga Anda jika terlalu intensif) adalah dengan mengetahui bahwa “kelebihan berat banda menjadi masalah besar jika Anda ingin hamil,” menurut ob-gyn Mary Jane Minkin, M.D., profesor klinis di Yale School of Medicine. Itu karena berat badan yang berlebih bisa mengganggu masa menstruasi dan ovulasi. Selain itu, The American Society for Reproductive Medicine memperkirakan bahwa 12 persen dari kasus infertil, adalah karena masalah yang berkaitan dengan berat badan.

Tapi kekurangan berat badan juga bisa sama berbahayanya. “Kehilangan jumlah berat badan secara signifikan atau terlalu banyak berolahraga, terutama jika BMI adan turun di bawah 18 atau 19, bisa menyebabkan kurangnya proses ovulasi dalam kasus ekstrem dan mempengaruhi kesuburan,” kata ob-gyn Alyssa Dweck, M.D., salah satu penulis V is for Vagina. Ini bukan hanya soal bagaimana Anda terlihat tapi juga soal kesehatan reproduksi Anda.

Hormon yang Tidak Seimbang
Kita tahu bahwa tiroid adalah kunci untuk regulasi metabolisme, tetapi tiroid juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk menghasilkan keturunan, ujar Dweck. “Kelainan tiroid sangat mungkin untuk menyebabkan kemandulan karena perubahan hormon – apakah itu terlalu hyper atau hypothyroid – bisa mengganggu proses pembuahan.

Untungnya, konsumsi obat-obatan yang tepat dan berdasarkan resep dokter mungkin bisa mengatasi masalah tersebut,” kata Dweck. Baca terus untuk mengetahui apakah Anda memiliki gangguan tiroid.

Obat-obatan
“Ada obat tertentu, terutama antidepresan dan penstabil mood, yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk bisa hamil dengan membuat tubuh Anda menghasilkan lebih banyak prolaktin, sebuah hormon yang bisa mengganggu proses ovulasi,” kata Minkin. Jadi jika Anda ingin hamil, konsultasikan dengan dokter kandungan Anda obat apa yang aman dan tidak aman, apa yang mungkin mempengaruhi keseburan Anda, dan mana yang saat ini sedang Anda konsumsi, kata Minkin. Dengan cara itu, Anda bisa menemukan alternatif yang tidak akan mengganggu usaha Anda untuk bisa menghasilkan keturunan.

Usia
Berdasarkan jam biologis: sebutkan apa yang membuat banyak dari kita benar-benar cemas. Meski banyak wanita yang menunda kehamilan hingga nanti – entah karena karir, status hubungan atau hei, karena mereka hanya ingin melakukannya (kami adalah orang sibuk!)—penting untuk mengetahui bahwa tingkat kesuburan tidak bertahan selamanya. “Kesuburan wanita secara alami mulai menurun setelah usia 32 tahun,” ujar Dweck. “Lebih khususnya setelah 35 tahun bahkan jelas terlihat setelah usia 40 tahun. Semakin bertambahnya usia, wanita mulai berhenti memproduksi telur, tapi mereka terlahir dengan jumlah yang tidak terbatas. Seiring berjalannya waktu jumlah dan kualitas telurnya berkurang.”

Mereka mengatakan sangat mungkin untuk hamil di usia 35 tahun. Jika tidak juga berhasil setelah enam bulan mencoba (dalam satu tahun, jika Anda berusia kurang dari 35 tahun), konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai potensi adanya komplikasi dan pengobatan yang harus dijalani, ujar Minkin menyarankan.

Menyusui
Hal yang paling utama yang harus Anda ketahui adalah bahwa anggapan orang zaman dulu tentang menyusui membuat wanita tidak mungkin untuk hamil adalah keliru karena menyusui bukanlah pengendali kelahiran. Namun, kehamilan bisa menjadi lebih sulit karena menyusui. “Jika Anda masih menyusui anak pertama saat berencana untuk hamil anak kedua maka akan memberikan dampak signifikan terhadap tingkat kesuburan, karena tingginya sekresi prolaktin, yaitu hormon yang diproduksi ketika Anda menyusui, bisa mengganggu proses pembuahan,” kata Minkin.

Lendir Serviks
Cairan yang disekresi oleh serviks ini sangat penting ketika proses pembuatan bayi karena membantu melindungi sperma saat melakukan perjalanan melalui saluran reproduksi wanita. (Aneh bukan? Berikut adalah sembilan hal lainnya yang tidak Anda ketahui tentang sperma). “Kelainan lendir serviks bisa menyebabkan kemandulan, biasanya kalau terlalu tebal, kata Dweck. Tapi untungnya, masalah ini bisa diobati atau diatasi dengan inseminasi intrauterin. Pada wanita, rokok bisa mengubah lendir serviks tersebut sehingga mempersulit sperma untuk bisa mencapai sel telur, kata Dweck, alasan lain untuk berhenti merokok.

Pelumas (Lubricant)
Pelumas bisa membuat jalanannya proses hubungan intim menjadi lebih menyenangkan (dan nyaman), tapi perlu diketahui bahwa beberapa pelumas bisa menghambat konsepsi. “Pelumas tertentu benar-benar bisa menghambat kesuburan dengan mempengaruhi sperma,” kata Dweck. “Jika Anda mengalami masalah kehamilan dan merasa kering selama berhubungan intim, cobalah pelumas yang ramah sperma seperti Pre-Seed, yang tersedia di toko-toko.”

Polip dan Mioma rahim
Polip rahim adalah pertumbuhan jaringan endometrium yang tidak wajar berbentuk oval dan kecil yang melekat pada dinding rahim. Mioma rahim juga pada dasarnya sama tapi terdiri dari jaringan otot. “Pertumbuhan keduanya jinak tapi bisa menyebabkan kemandulan,” kata Dweck. “Untungnya, banyak masalah polip rahim atau mioma rahim yang bisa diatasi dengan melakukan operasi.”

Defisiensi Asam Folat
Jika ada satu vitamin yang Anda butuhkan untuk bisa membantu menghasilkan keturunan (dan jika Anda memperkirakan kehamilan di masa depan!) itu adalah asam folat. Tubuh Anda menggunakan vitamin B-kompleks yang sangat penting ini untuk menciptakan sel darah merah, dan itu sangat penting untuk ibu hamil. Berapa banyak yang Anda butuhkan? Minkin menyarankan sampai 400 mikrogram asam folat setiap hari. Cara termudah (dan paling dapat diandalkan) untuk memenuhi asupan ini adalah dengan mengonsumsi suplemen asam folat setiap hari (sebagian besar mengandung 400 mikrogram). Anda juga bisa mengonsumsi biji bunga matahari, bayam, telur dan biji-bijian yang bisa disajikan dalam sereal atau pasta untuk lebih membuat Anda berselera. Cari tahu apakah tubuh Anda mendapatkan asam folat yang cukup atau tidak.

Phthalate
Phthalate adalah kelompok bahan kimia sintetis yang digunakan dalam plastik dan beberapa kosmetik. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan tahun lalu dalam pertemuan tahunan European Society of Human Reproduction and Embryology, zat kimia tersebut membahayakan kemampuan Anda bereproduksi. Beberapa penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa paparan phthalate bisa menurunkan tingkat kesuburan seorang pria, dan penelitian terbaru menemukan bahwa wanita dengan kadar phthalate paling tinggi dalam sistem mereka dua kali lipat lebih mungkin untuk menderita kegagalan implantasi melalui prosedur IVF (in Vitro Fertilisation) dibanding wanita dengan kadar phthalates terendah.

Kondisi kesehatan yang kronis
Masalah kesehatan tertentu seperti endometriosis dan diabetes, bisa memberikan dampak signifikan terhadap kemampuan Anda untuk bisa hamil. Baca lebih lanjut tentang apa yang perlu Anda ketahui tentang diabetes gestasional. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.