Bursa Tokyo Ditutup Naik 0.76%AFP (25/12) Bursa Saham Tokyo ditutup naik sebesar 0.76% pada hari Rabu ini, perpanjang enam tahun tertingginya, diakibatkan oleh melemahnya yen dan didorong oleh naiknya Wall Street terkait membaiknya data ekonomi AS.

Indeks Nikkei 225 naik sebesar 120.66 poin ke level 16,009.99, membalikkan penurunan pada awal pembukaan transaksi.

Indeks Topix naik sebesar 0.05% atau 0.63 poin ke level 1,258.18.

Laporan bulan November mengenai pesanan barang-barang tahan lama AS menunjukkan kenaikan sebesar 3.5%, naik dari yang diperkirakan sebelumnya. Hal itu diikuti oleh sebuah laporan mengenai penjualan rumah baru di AS yang juga mengalami kenaikan dari yang diperkirakan sebelumnya.

Menguatnya dolar, akibat pelonggaram moneter oleh Federal Reserve, pemulihan ekonomi AS , dan suku bunga rendah yang diperkirakan mendorong ekuitas Jepang, menurut Hideyuki Ishiguro, asistant manager of investment strategy dari Okasan Securities.

Operator ponsel Jepang SoftBank turun sebesar 0.45% pada level 8,770 yen mengikuti laporan indeks Nikkei yang berencana akan membeli mayoritas saham-saham pada T-Mobile AS hingga naak perusahaannya Sprint pada musim semi mendatang pada estimasi biaya lebih dari 2 triliun yen ($19 miliar).

 Artikel: kontakperkasa futures.