Saham Asia Naik Seiring Topix Capai Level 5 Tahun TertingginyaBloomberg (27/12) Saham-saham Asia naik, dengan indeks acuan regional menuju level tertingginya dalam tiga bulan berturut-turut, dipicu oleh saham-saham Jepang seiring indeks Topix naik ke level lima tahun tertingginya pasca melemahnya yen.

Toyota Motor Corp., perusahaan pembuat mobil terbesar di dunia, naik sebesar 2.9% di Tokyo. SoftBank Corp. naik sebesar 3.4% di Tokyo terkait sebuah laporan bahwa perusahaan tersebut kemungkinan akan menaikkan dananya guna membeli T-Mobile US Inc. di pasar obligasi AS. Rex International Holding Ltd. turun sebesar 8.6% di Singapura pasca perusahaan minyak menyatakan bahwa joint venture ditangguhkan.

Indeks MSCI Asia Pasifik naik sebesar 0.4% ke level 139.74, naik untuk hari kedelapan secara berturut-turut, kenaikan tertingginya secara berturut-turut sejak bulan September. Indeks Topix Jepang naik sebesar 1.7% ke level 1,279.34, level penutupan tertingginya sejak tanggal 11 Agustus 2008 lalu. Yen tergelincir terkait prospek Bank of Japan akan melanjutkan upaya pelonggaran yang belum pernah dilakukan sebelumnyam saat Federal Reserve memangkas stimulus yang akan dimulai bulan Januari tahun depan.

Indeks Nikkei 225 Stock Average mengalami gain sebesar 1% ke level 16,174.44, level penutupan tertinggi sejak tanggal 6 November 2007. Indeks Topix naik 49% pada tahun ini, yang merupakan tertinggi diantara 24 mayoritas bursa di negara maju yang dimonitor oleh Bloomberg, sejalan dengan pemerintah Jepang berupaya untuk mengakhiri deflasi yang telah berlangsung selama 15 tahun terakhir.

Artikel: kontakperkasa futures.