4 Manfaat Luar Biasa Belatung Untuk Dunia ForensikKontakPerkasa Futures, Tentu kita tau dengan binatang satu ini, yang selalu mendiami tempat-tempat kotor dan jorok. Pada kesempatan ini saya akan membarikan ulasan mengenai sisi lain dari belatung yang menjijikkan ini. Keberadaan belatung dimayat dapat membantu mengungkap banyak hal mengenai kasus kematiaan seseorang, seperti waktu kematian, penyebab kematian bahkan identitas mayat dan pelaku pembunuhan.

Ternyata hewan yang menjijikkan bagi sebagian orang tersebut berperan besar dalam penyelidikan forensik, dalam ilmu entomologi, forensik, belatung juga dianggap sebagai “amazing insect”. Berikut ini Manfaat Belatung dalam bekerjasama dengan tim Forensik.
1. Saat menghembuskan nafas terakhir.

Dalam memastikan waktu kematian tanpa adanya saksi dalam kejadian tentunya akan mengalami kendala dan sangat sulit, jelas caranya dengan melihat keadaan mayat. penyelidikan pertama mangacu pada kelakuan mayat, lebam pada mayat dan lain-lain. Disini peran penting belatung di andalkan, belatung dapat memberikan kontribusi untuk perkiraan waktu kematian.

caranya adalah dengan memeriksa alat pernafasan belatung, sebab alat pernafasan ini terus mengalami perubahan sejalan dengan waktu. Tentu saja yang bisa mengetahuinya dalah para ahli forensik tersebut.
2. Perpindahan Mayat
Belatung juga dapat membantu menentukan apakah lokasi ditemukannya mayat sama dengan lokasi kematian. Dengan cara mencocokkan jenis belatung atau serangga lain yang ditemukan di tubuh mayat dengn tipe lalat atau serangga lain yang hidup di sekitar lokasi ditemukannya mayat tersebut.
3. Identitas mayat
Sering ditumukannya tubuh mayat sudah tidak berbentuk, pastiny tim forensik akan mengalami kesulitan dalam mengidentifikasinya. Sebagi contoh, mayat yang harus digali ulang dari kuburan untuk di visum dan untuk memastikan identitas mayat tersebut adalah peran penting balatung dalam membantu kerja tim forensik.
Caranya, merupakan kebiasaan belatung yang senang mencerna jaringan tubuh mayat, maka saluran cerna belatung diperiksa melalui tes DNA untuk proses identifikasi. Selain itu belatung juga memakan cairan sperma atau cairan vagina, sehingga selain identifikasi korban belatung dapat juga digunakan untuk mencari identifikasi pelaku dalam kasus kekerasan seksual.
4. Mencari penyebab kematian
Untuk perkara yang satu ini belatung benar-benar mumpuni dan unjuk kebolehan, karena mengungkap misteri penyebab kematian bukanlah hal yang mudah.
Berikut langkah-langkahnya, Bagian tubuh mayat yang menjadi tempat favorit berkumpulnya belatung merupakan sebuah petunjuk penting. Belatung umumnya paling menyukai hidup dibagian mata, hidung, mulut, telinga. Intinya bagian berlobang dari tubuh, karena belatung sangat suka kegelapan di lobang.
Bagaimana jika belatung ditemukan pada bagian yang lain? inilah maksud petunjuk tersebut.
  • Misal belatung ditemukan di lengan, maka diidentifikasi ada kemungkinan luka dibagian lengan, sebab luka yang mengeluarkan darah merupakan hal yang sangat menarik dan disukai belatung sehingga belatung berkumpul dibagian luka tersebut.

 

  • Juga bila ditemukannya belatung di bagian kemaluan atau anus, padahal bagian ini adalah tempat yang tidak disukai belatung, hahaha tau diri juga makhluk ini. Tetapi jika ada bau-bau khusus yang menarik minat belatung untuk berkumpul disana (misal bau cairan sperma dan vagina) maka belatung akan banyak ditemukan didaerah ini, jadi dapat diidentifikasi bahwa sebelum kematian terjadi kekerasan seksual.
  • Bahkan terjadinya kecurigaan adanya keracunan pun dapat diketahui melalui belatung, yaitu belatung makhluk yang kecil ini ternyata sangat bermanfaat dalam hal mencari kebenaran, namun sepertinya dalam aplikasi penyelidikan di Indonesia belum terlalu dimanfaatkan di ektraksi dan dilakukan uji racun atau toksikologi.

 

Ternyata belatung bukan hanya makhluk yang melulu menjijikkan, namun mempunyai fungsi lain dalam penciptaan-Nya. Demikianlah uraian mengenai 4 Manfaat Luar Biasa Belatung Untuk Dunia Forensik semoga dapat memberikan kita dan mengilhami kita bahwa Allah tidak akan menciptakan makhluk di bumi ini tanpa maksud dan tujuan. Itulah kebesaran Allah Swt. (hnm)