PT KONTAK PERKASA FUTURESDalam seminggu ke depan, keputusan kebijakan bank sentral akan mendominasi kalender ekonomi, dengan seminggu laporan ekonomi utama yang ringan.

Di AS, tiga pejabat Federal Reserve akan berpidato, dan komentar mereka akan diawasi dengan ketat menjelang pertemuan Fed 13-14 Desember mendatang.

AS juga akan merilis data ISM aktivitas sektor jasa, serta laporan sentimen konsumen.

Investing.com telah menyusun daftar lima peristiwa terbesar di kalender ekonomi yang paling mungkin mempengaruhi pasar.

  1. Pertemuan Bank Sentral Eropa

ECB akan mengadakan pertemuan akhir kebijakan moneter di tahun 2016, Kamis.

Analis tidak mengharapkan untuk melihat perubahan lebih lanjut dalam kebijakan, namun pertemuan pasca-kebijakan bank sentral dalam konferensi pers Presiden Mario Draghi akan diawasi ketat tentang indikasi bahwa ECB sedang mempertimbangkan untuk memperluas program pembelian obligasi lebih dari bulan Maret tahun depan.

  1. Kepala Fed New York William Dudley berpidato

Presiden Fed NY William Dudley akan berpidato tentang prospek ekonomi makro pada hari Senin di New York.

Pidato ini akan diikuti oleh pidato dari Presiden Fed Chicago Charles Evans dan Kepala Fed St. Louis James Bullard.

Pengamat pasar akan mencermati dengan teliti pengumuman kebijakan Fed yang sangat diantisipasi setelah pertemuan 13-14 Desember.

  1. Data non-manufaktur AS

Institute for Supply Management dijadwalkan merilis PMI non-manufaktur bulan November pukul 22.00 WIB, Senin.

Indeks trsebut diperkirakan naik hingga 55,4 dari bulan Oktober 54,8.

Juga mengamati rilis ekonomi AS di minggu depan adalah pembacaan awal sentimen konsumen bulan Desember, Jumat dari University of Michigan.

  1. Pertemuan Bank of Canada

BoC diperkirakan akan mempertahankan suku stabil pada pertemuan di hari Rabu setelah data pada hari Jumat menunjukkan bahwa ekonomi menambahkan 10.700 pekerjaan di bulan November dan tingkat pengangguran jatuh ke 6,8%.

Pada bulan Oktober, bank sentral tersebut pertahankan suku bunga tidak berubah namun mengatakan bahwa mereka telah aktif pertimbangkan memangkas untuk ketiga kalinya dalam dua tahun.

  1. Pertemuan Reserve Bank of Australia

RBA diperkirakan akan mempertahankan suku bunga di rekor terendah 1,5% pada pertemuannya pada hari Selasa, meskipun laporan ekonomi baru-baru ini beragam.

Sementara itu, data pertumbuhan kuartal ketiga di hari Rabu diperkirakan akan menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan melambat sedikit.

Produk domestik bruto diperkirakan tumbuh sebesar 0,3% dalam tiga bulan hingga September, setelah berkembang sebesar 0,5% selama kuartal kedua. Pertumbuhan tahunan diperkirakan akan datang pada 2,5%, turun dari 3,3% di kuartal kedua. (hnm) – PT KONTAK PERKASA FUTURES