78 Truk yang Melintas di Tol Ini OverloadPT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) sebagai pengelola jalan tol Ir Wiyoto Wiyono Msc (Cawang-Tanjung Priok-Jembatan Tiga/Pluit) menertibkan kendaraan angkutan berat seperti truk, kontainer maupun tronton besar yang overload.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum tahun 2012, sekira 78 persen kendaraan truk yang melintas di jalan tol Ir Wiyoto Wiyono Msc terindikasi kelebihan muatan yang melampaui muatan sumbu terberat (MST) 10 ton.

Direktur Operasi CMNP Suarmin Tioniwar mengatakan, salah satu upaya penertiban kendaraan overload, CMNP bekerjasama dengan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan melalui Operasi Penertiban Kendaraan sejak Mei hingga Juni 2014. Kendaraan yang terindikasi kelebihan beban muatan ditimbang menggunakan alat weight indicator.

“Selain beban berlebih, banyak juga kendaraan yang tata cara pemuatan barangnya tidak sesuai aturan. Banyak kendaraan yang overload, melebihi dimensi kendaraan atau muatannya tidak ditutup, itu kan bahaya bagi pengguna jalan,” ucap Suarmin saat konfrensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Operasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosialisasi penertiban kendaraan overload, selain itu juga dilakukan pemasangan spanduk di gerbang-gerbang tol ataupun pembagian flyer kepada para pengemudi kendaraan angkutan barang yang menginformasikan larangan kendaraan overload masuk tol Ir Wiyoto Wiyono Msc.

Suarmin menambahkan, trafik yang tinggi ditol tersebut membuktikan keberadaan jalan tol ini sangat penting dalam menunjang perekonomian, terlebih pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat yang mendorong intensitas distribusi barang semakin tinggi.

“Namun jika kondisi ini terus berlanjut, akan berdampak buruk bagi konstruksi jalan, beban berlebih itu tak hanya berbahaya bagi ketahanan konstruksi jalan layang tetapi juga bagi keselamatan pengguna jalan,” paparnya.

Artikel: kontakperkasa futures.