PT KONTAK PERKASA FUTURES – Musim lalu Premier League akhirnya kembali menghadirkan pemain Inggris sendiri sebagai topskorer–setelah sekian musim berlalu. Bagaimana di musim baru?

Adalah bomber Tottenham Hotspur Harry Kane yang berhak menyandang predikat pemain tersubur di Premier League, setelah penyerang Inggris berusia 23 tahun itu mencetak 25 gol.

Sejak Kevin Phillips menjadi topskorer Premier League 1999-00 usai bikin 30 gol untuk Sunderland, baru musim lalu ada lagi sosok pemain asal Inggris yang bisa menjadi pemain tersubur di Premier League

Jumlah gol Kane musim lalu sendiri cuma unggul satu gol saja dari dua pemain lain yang juga mampu unjuk ketajaman sepanjang musim Premier League; Jamie Vardy, pemain Inggris lain dari klub Leicester City, dan penyerang Manchester City Sergio Aguero.

Nama-nama itu akan kembali diperhitungkan kembali pamer ketajaman di Premier League musim 2016-17 yang bakal bergulir di akhir pekan. Secara khusus Kane dan Aguero, yang di musim 2014–15 juga menjadi dua pemain tersubur–Aguero (26 gol), Kane (21).

Ada pula nama-nama pemain lain macam Romelu Lukaku yang musim lalu bikin 18 gol liga untuk Everton, penyerang Chelsea Diego Costa yang pada musim 2014–15 menjadi pemain tersubur ketiga dengan 20 gol, atau pemain depan Arsenal Olivier Giroud.

Selain nama-nama yang sudah akrab dengan Premier League itu, ada juga pendatang baru macam Zlatan Ibrahimovic (Manchester United) dan Michy Batshuayi (Chelsea) yang diprediksi juga bakal ikut meramaikan adu ketajaman musim ini.

Hal itu setidaknya tercermin dari bursa dari rumah taruhan mengenai calon-calon topskorer Premier League 2016-17.

Bursa topskorer Premier League 2016-17 dari Ladbrokes

Bursa topskorer Premier League 2016-17 dari Bwin
Bursa topskorer Premier League 2016-17 dari William Hill

Nama-nama serupa juga muncul dalam hasil simulasi dari video game Championship Manager. Menjelang peluncuran game Championship Manager edisi baru, dilakukanlah sejumlah simulasi di liga-liga Inggris salah satunya mengenai topskorer.

Tanpa merinci jumlah gol, Kane diyakini memiliki peluang terbesar untuk jadi topskorer (36,6%), diikuti oleh Aguero, Ibrahimovic, Costa, dan Lukaku di posisi lima besar.

(hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES