Airbag bermasalah, Honda tarik 2 juta mobilHonda Motor di Jepang hari Senin (23/06) mengumumkan penarikan lebih dari dua juta kendaraan di seluruh dunia, karena masalah di kantung udara yang bisa memicu kebakaran.

Honda mengatakan kendaraan-kendaraan yang ditarik diproduksi antara Agustus 2000 dan Desember 2005, seperti dilaporkan kantor berita AFP.
Kantung udara itu diproduksi oleh Takata Corp di Jepang yang telah menyatakan siap membantu produsen-produsen mobil klien mereka, antara lain Honda dan Toyota, mengganti perangkat keamanan tersebut, seperti dilaporkan kantor berita Reuters.

Dalam sepucuk surat kepada Administrasi Keamanan Lalu Lintas Jalan Nasional AS bertanggal 11 Juni, Takata mengatakan akan membantu penggantian pengembang kantung udara pengemudi yang dibuat antara 1 Januari 2004 dan 30 Juni 2007.

Serta pengembang kantung udara penumpang yang dibuat pada periode Juni 2000 dan 31 Juli 2004.

Selain Honda dan Toyota, Takata mengatakan pengembang kantung udara itu juga dipasok untuk BMW, Chrysler, Ford Motor Co, Mazda Motor Corp dan Nissan Motor Co.

Takata juga mengatakan dalam surat itu bahwa “baik Takata mau pun produsen mobil yang melakukan aksi lapangan ini tidak akan diminta untuk mengakui bahwa produknya memiliki cacat.”

Artikel: kontakperkasa futures.