Aktivitas sektor manufaktur, jasa Perancis indikasikan risiko pemulihan EropaAktivitas sektor manufaktur dan jasa Perancis mengalami kontraksi untuk bulan kedua di Juni, menyoroti upaya kawasan euro untuk mempertahankan pemulihan ekonomi.

Index manager pembelian (PMI) dikedua sektor tersebut pada negara dengan perekonomian terbesar kedua di kawasan ini turun menjadi 48,0 dari 49,3 pada bulan Mei, berdasarkan rilis data dari Markit Economics hari ini di London. Sebelumnya, para ekonom memperkirakan angka tersebut tidak berubah, menurut survei Bloomberg News. Angka 50 atau lebih tinggi memberikan sinyal ekspansi.

Kinerja ekonomi Perancis lebih buruk dibandingkan negara-negara lain di kawasan euro pada tiga kuartal terakhir dan menambah kekhawatiran kepada para pembuat kebijakan di Bank Sentral Eropa, yang meluncurkan rekor stimulus awal bulan ini untuk menghidupkan kembali pertumbuhan dan meningkatkan harga-harga di wilayah 18 negara ini. Dana Moneter Internasional pekan lalu telah memberikan penilaian suram terhadap ekonomi euro, mencatat bahwa output masih di bawah tingkat sebelum krisis, pengangguran “sangat tinggi” dan inflasi “mengkhawatirkan pada basis rendah.”

PMI manufaktur jatuh ke 47,8 dari 49,6 pada bulan Mei, tingkat terendah sejak Desember, sedangkan untuk sektor jasa merosot ke 48,2 dari sebelumnya 49,1.

Artikel: kontakperkasa futures.