PT KONTAK PERKASA FUTURES – Sam Allardyce berhasil meraih kemenangan pada laga perdananya sebagai manajer tim nasional Inggris. Allardyce pun puas dengan kemenangan yang didapat timnya.

Bertanding melawan Slovakia di Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA, Senin (5/9/2016) dini hari WIB, Inggris menang tipis 1-0. Kemenangan The Three Lions ditentukan oleh gol Adam Lallana di injury time babak kedua –ketika menit sudah menunjukkan angka 90+4.

Inggris tidak tampil impresif di babak pertama. Attempt pertama mereka baru hadir di menit ke-40 ketika tendangan dari Raheem Sterling melenceng. Namun, di babak kedua, mereka memiliki banyak peluang. Hanya saja, penyelesaian akhir para pemain Inggris terbilang buruk.

Dalam catatan statistik yang dilansir ESPNFC, dari total 20 attempts yang dimiliki Inggris, hanya 5 yang mengarah tepat sasaran. Allardyce sempat berusaha melakukan perubahan dengan memasukkan Dele Alli dan Theo Walcott di babak kedua, lalu kemudian Daniel Sturridge.

Slovakia sendiri bermain dengan 10 orang sejak menit ke-57, menyusul kartu merah –via kartu kuning kedua– yang diberikan kepada Martin Skrtel. Tapi, tetap saja Inggris kesulitan membongkar pertahanan Slovakia. Dan Allardyce pun mengakuinya.

“Ketika mereka bermain dengan 10 orang, jelas kami jadi wajib untuk menang,” ujar Allardyce kepada ITV. “Sulit untuk membongkar pertahanan mereka. Mereka berusaha bertahan mati-matian.”

“Tapi, pada akhirnya, kami mendapatkan apa yang kami layak dapatkan,” lanjut manajer yang dijuluki ‘Big Sam’ tersebut.

Gol Inggris diawali oleh serangan dari sisi kiri. Umpan datar Dany Rose diterima oleh Lallana tepat di depan gawang Slovakia. Sepakan Lallana, kendati pun sempat mengenai kiper Slovakia, Matus Kozacik, berbuah menjadi gol.

Dengan kemenangan tersebut, Inggris sementara memimpin klasemen Grup F dengan nilai 3. Selanjutnya, Inggris akan berhadapan dengan Malta di London pada 8 Oktober 2016. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES