Android Berjaya namun Kalah dari Penjualan iPhone KontakPerkasa Futures, Apple masih menguasai pangsa pasar smartphone dengan market share 41,7 di Amerika. Laporan tersebut dikeluarkan oleh comScore melalui data yang dikumpulkan selama tiga bulan dari Desember-Februari 2015.

Menurut data tersebut, pangsa pasar smartphone iPhone, sedikit turun dari sebelumnya yakni 41,8 persen. Sementara dinamika persaingan yang terjadi pada pangsa pasar smartphone yang mengusung sistem operasi Android justru lebih ketat.

Samsung saat ini memiliki memiliki market share 28,6 persen. Kehadiran dua smartphone terbarunya, Galaxy S6 dan S6 Edge, diprediksi mampu membalik keadaan Samsung. Sementara LG terus menguat secara perlahan dengan capaian 8,3 persen. Pada November 2014, LG hanya mampu membukukan sekira 7,6 persen.

Sementara itu, dari sisi sistem operasi, Android ternyata masih merajai dengan pencapaian 52,8 persen. Sementara iOS justru melorot menjadi 41,7 persen dari sebelumnya 41,8 persen.

Sistem operasi lainnya seperti Windows Phone dan BlackBerry menguasai market share yang relatif kecil. Windows Phone hanya memiliki 3,5 persen sedangkan BlackBerry hanya 1,8 persen.

Aplikasi Terbanyak yang Diinstal

Facebook masih menjadi aplikasi terbanyak yang diinstal di smartphone pengguna di Amerika dengan capaian 71,2 persen. Sedangkan YouTube, Google Play, Facebook Messenger dan Google Maps, menduduki posisi lima teratas dengan market share masing-masing (56,4 persen), (51,4 persen), (51,2 persen) dan (44,1 persen).

Sedangkan Instagram, Twitter dan Snapchat berada di bawahnya dengan perolehan masing-masing 35 persen, 22,7 persen, dan 19,2 persen. Demikian seperti dikutip Phone Arena. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.