PT KONTAK PERKASA FUTURES  – Liverpool bisa sedikit lebih percaya diri menatap laga melawan Manchester City. Anfield sejauh ini sudah jadi tempat sulit untuk sang tamu.

Liverpool sudah memenangi tiga pertemuan terakhir melawan City di Premier League, dua di antaranya di Anfield. Ini bisa menjadi suntikan moral yang bagus jelang laga pada Minggu (1/1/2017) dinihari WIb, sementara City punya tekanan untuk menghentikan rangkaian itu.

Faktor lain yang bisa memberikan kepercayaan diri untuk tuan rumah adalah bahwa sepanjang pertemuan di Premier League, Liverpool cuma sekali kalah dari City di kandang. Satu-satunya kekalahan itu terjadi pada 2003 silam.

Mampukah City di bawah Pep Guardiola menghentikan rangkaian negatif itu?

Berikut data dan fakta laga Liverpool vs City seperti dilansir Opta

– Liverpool sudah memenangi tiga pertemuan terakhir kontra City di Premier League secara beruntun. Kali terakhir mereka memenangi empat laga beruntun melawan Citizens adalah pada 1981 (merangkai tujuh kemenangan).

– Kemenangan terakhir dan satu-satunya City di Anfield (berimbang lima kali dan kalah 13 kali) terukir di Mei 2003 silam. Nicolas Anelka mencetak dua gol ke mantan timnya dan City menang 2-1.

– Sergio Aguero sudah mencetak gol empat kali melawan Liverpool di Premier League, tapi tak satupun ditorehkan di Anfield.

– Liverpool tak pernah gagal mencetak gol di 19 laga kandang sebelumnya melawan City di Premier League.

– Liverpool mengakhiri dua tahun terakhir dengan kemenangan di liga, 4-1 atas Swansea City di 2014 dan 1-0 atas Sunderland di 2015.

– Sejak gagal mencetak gol secara beruntun di di laga Premier League pada akhir Maret 2016, City cuma gagal sekali untuk menjebol gawang lawan di 26 pertandingan terakhirnya dan mencetak 58 gol dalam periode tersebut.

– Claudio Bravo sudah mencatatkan dua clean sheet di tiga penampilan terakhir di Premier League, sama banyaknya dengan yang dia catatkan di 12 laga pertamanya.

– Kelechi Iheanacho (20 tahun 84 hari) adalah pemain termuda ketiga di Premier League yang mencetak lima gol sebagai pemain pengganti. Dua pemain lain yang lebih muda adalah Wayne Rooney (18 tahun 64 hari) dan Jermain Defoe (19 tahun 160 hari).

– Daniel Sturridge mencetak gol pertamanya di Premier League musim ini dalam kemenangan Liverpool atas Stoke City pada 27 Desember. Itu adalah tembakan ke-21 darinya sepanjang musim.

– Adam Lallana sudah terlibat dalam proses terciptanya gol lebih banyak daripada gelandang lainya di Premeir League musim ini, yakni 13 kali (tujuh gol, enam assist).

– Liverpool sudah mencetak 86 gol di 2016 sejauh ini, catatan terbaik mereka dalam satu tahun sejak 87 gol mereka di 1985. (hnm) –  PT KONTAK PERKASA FUTURES