PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Argentina mampu tampil impresif di gelaran Copa America Centenario. Albiceleste menjejak semifinal dengan penampilan lini serang dan lini pertahanan yang oke.

Saat melakoni pertandingan semifinal di Reliant Stadium, Houston, Argentina memetik kemenangan dengan skor akhir 4-0 atas Amerika Serikat. Ezequiel Lavezzi, Lionel Messi, dan Gonzalo Higuain (dua gol) yang menjadi penentu kemenangan tim besutan Gerardo Martino.

Kemenangan atas tim ‘negeri Paman Sam’ itu menorehkan beberapa catatan bagus. Barisan pertahanan Argentina tampil bagus dengan membendung serangan AS. Tak ada catatan percobaan yang mengancam gawang yang dikawal oleh Sergio Romero.

Opta mencatat bahwa catatan tanpa percobaan ke gawang Argentina itu merupakan yang pertama dalam tiga edisi terakhir Copa America.

Hingga babak semifinal, Argentina juga baru kemasukkan sebanyak dua gol. Mereka kebobolan saat melakoni pertandingan fase grup melawan Chile. Satu lagi terjadi di laga perempatfinal melawan Venezuela.

Tak cuma tampil oke saat bertahan, Argentina juga amat produktif di lini depan. Messi menjadi aktor utamanya dengan sumbangan lima gol dan empat assist yang dia bikin. Secara keseluruhan Argentina sudah mencetak sebanyak 18 gol.

Argentina mencatatkan sebanyak delapan gol di laga perempatfinal dan semifinal, Messi mencetak dua gol dan empat assist dalam dua pertandingan fase knock-out. Dengan gol di laga melawan AS ini, Messi pun menjadi top skorer Argentina sepanjang masa dengan raihan 55 gol.

Permainan lini depan Argentina yang efisien terbukti dengan gol Lavezzi. Itu merupakan tembakan pertama Argentina ke gawang AS. Argentina sudah dua kali mencatatkan hal serupa. Gol di tembakan pertama juga dicatatkan ke gawang Panama dan Bolivia. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES