Aset SPDR Naik, Antarkan Emas Dekati Level 3 Bln TertingginyaEmas diperdagangkan mendekati level tertingginya sejak Maret lalu setelah aset pada SPDR Gold Trust meningkat dan para investor mengkaji outlook akan pertumbuhan ekonomi dan suku bunga AS menjelang dirilisnya data manufaktur.

Bullion untuk pengiriman segera berada pada level $1,326.99 per ounce pukul 12:28 siang waktu Singapura dari level kemarin $1,327.33, ketika logam mulia mencatat kenaikan kuartalan ke-2, menurut harga dari Bloomberg. Di pagi ini, bullion naik sebesar 0.4% ke level $1,332.33, level tertinggi sejak 24 Maret lalu.

Emas telah mengalami kenaikan sebesar 10% sepanjang tahun 2014 ini akibat meningkatnya ketegangan di Irak dan konflik antara Ukraina dan Russia mendorong permintaan akan asset safe haven, sementara Federal Reserve telah menyatakan bahwa suku bunga akan tetap rendah dalam waktu yang masih dipertimbangkan. Kemarin kepemilikan pada SPDR, produk reksadana berbasis emas terbesar dunia naik 0.7%, kenaikan terbesar selama satu sejak 27 Mei lalu, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg.

Emas Juni lalu mengalami kenaikan 6.2% akibat lemahnya dollar dan rebound tahun ini telah membantah prediksi akan mengalami bearish dari Goldman Sachs Group Inc. dan Societe Generale SA yang menyatakan bahwa penurunan tahun lalu akan berlanjut. Kemarin reli Bullion telah membantu indeks kenaikan relative emas naik 71.3, level diatas 70 menunjukkan sinyal kepada beberapa analis bahwa harga akan mengalami penurunan.

Artikel: kontakperkasa futures.