Aturan Ban MotoGP Tambah Masalah Rossi dalam Kualifikasi KontakPerkasa Futures, Valentino Rossi selalu mendapatkan hasil tak maksimal dalam sesi kualifikasi sepanjang musim ini. Menurut Rossi, masalahnya dalam kualifikasi makin bertambah karena aturan ban MotoGP.

Berdasarkan regulasi yang sekarang, tim-tim pabrikan di luar Honda dan Yamaha (Ducati, Suzuki, Aprilia), diizinkan untuk memakai ban lunak. Keuntungan itu akan dicabut jika tim-tim tersebut telah meraih hasil tertentu dalam balapan kering.

Regulasi seperti itu membuat para pebalap seperti Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, dan bahkan Aleix Espargaro mengukir catatan waktu yang baik dalam latihan bebas maupun kualifikasi. Mereka pun sering mengawali lomba dari baris depan.

Sementara itu, Rossi tak pernah start dari baris terdepan dalam tujuh seri yang sudah digelar pada musim ini. Hasil terbaiknya dalam kualifikasi adalah posisi keempat di MotoGP Austin.

Meski hasil kualifikasinya terbilang buruk, Rossi mampu menutupinya dengan performa impresif dalam balapan. Sejauh ini pebalap Yamaha itu selalu naik podium dan dua kali menang.

“Dengan aturan ini dalam kualifikasi, Anda punya banyak motor yang cepat untuk satu lap dan setelah itu mereka lebih lambat dalam balapan,” ujar Rossi di Autosport.

Meski begitu, Rossi juga mengakui bahwa rekan setimnya, Jorge Lorenzo, bisa beradaptasi dengan lebih baik dengan aturan ban ini. Lorenzo pun tampil perkasa dengan memenangi empat balapan terakhir.

“Pada saat yang bersamaan, Jorge yang punya motor dan ban yang sama dengan saya mampu menempatkan semua motor itu di antara dia dan saya,” tutur Rossi.

“Kami harus memperbaiki hal ini,” kata dia.

Rossi masih memimpin klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 138 poin. Dia unggul satu poin atas Lorenzo yang menempati posisi kedua. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.