PT KONTAK PERKASA FUTURES – Aussie berdetak lebih rendah setelah komentar kepala bank sentral Australia, Selasa dan menjelang risalah pertemuan kebijakan bulan Oktober.

Bank sentral Australia akan merilis risalah dari pertemuan Oktober hari Selasa di mana tetap pertahankan tingkat suku bunga stabil pada rekor terendah 1,50%.

AUD/USD diperdagangkan pada 0,7625, turun 0,07%, sedangkan USD/JPY bergerak 103,88, turun 0,02%.

Sebelumnya, Gubernur Reserve Bank of Australia Philip Lowe, Selasa, angka inflasi kuartal ketiga akan menjadi indikasi penting dari ekspektasi inflasi, yang telah menurun dengan jelas baru-baru ini dan ada kebutuhan menjaga terhadap kejatuhan lebih jauh.

“Tentu saja, salah satu pengaruh kunci pada ekspektasi inflasi adalah hasil yang sebenarnya untuk inflasi. Kami akan mendapatkan update penting di minggu depan dengan merilis CPI kuartal bulan September,” kata Lowe di sebuah konferensi di Sydney. Data CPI dirilis pada 26 Oktober.

Di tempat lain, harga konsumen kuartal ketiga}} naik 0,2% kuartal-ke-kuartal di Selandia Baru, lebih dari hasil mendatar terlihat, sedangkan laju tahun-ke-tahun menunjukkan kenaikan 0,2%, lebih tinggi dari 0,1% terlihat. NZD/USD diperdagangkan pada 0,7161, naik 0,38%, setelah data. Asisten Gubernur RBNZ John McDermott pekan lalu mengatakan bank sentral mengharapkan CPI triwulanan ini menunjukkan inflasi menguat dan akan bangkit dari saat ini. RBNZ akan meninjau tingkat suku bunga resmi 10 November dan harapan pemangkasan 25 basis poin menjadi 1,75%.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, terakhir dikutip pada 97,86.

Semalam, dolar masih melemah terhadap mata uang utama lainnya, setelah rilis laporan ekonomi AS yang pesimis mengurangi optimisme atas kekuatan ekonomi, meskipun greenback masih tetap dalam jarak yang dekat dengan puncak tujuh bulan.

Federal Reserve New York mengatakan indeks manufaktur Empire State jatuh ke -6,80 di bulan Oktober dari -1,99 di bulan sebelumnya. Para analis telah memperkirakan indeks untuk naik ke 1,00 bulan ini.

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa produksi industri AS meningkat 0,1% bulan lalu, di bawah ekspektasi kenaikan sebesar 0,2%.

Namun, produksi manufaktur meningkat 0,2% bulan lalu, dibandingkan dengan perkiraan kenaikan 0,1%.

Senin sebelumnya, data terakhir menunjukkan bahwa indeks harga konsumen zona euro naik 0,4% pada bulan September, sesuai dengan harapan. Tahun ke tahun, harga konsumen naik 0,4% bulan lalu. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES