PT KONTAK PERKASA FUTURES – Aussie pulih sedikit di sesi Asia pada hari Jumat, setelah angka PDB dari mitra dagang utama China datang lebih baik dari yang diharapkan, meskipun mata uang tetap turun sampai saat ini.

AUD/USD diperdagangkan pada 0,7625, turun 0,08%, sedangkan USD/JPY berpindah ke 106,20, naik 0,78%. GBP/USD naik 0,57% ke 1,3418.

Angka produk domestik bruto PDB China menunjukkan kenaikan 6,7% pada kuartal kedua yang berakhir pada periode tahun-ke-tahun, menyentuh kenaikan 6,6% terlihat, dan juga naik 1,8% kuartal-ke-kuartal, lebih baik dari kenaikan 1,6% yang diharapkan.

Juga di China, investasi aktiva tetap naik 9,0%, lebih rendah dari keuntungan 9,4% tahun-ke-tahun terlihat pada bulan Juni, sementara produksi industri naik 6,2% , lebih baik dari 5,9% terlihat pada periode yang sama dan penjualan ritel naik 10,6%, sedikit lebih baik dari 10,0% terlihat.

Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, naik tipis 0,04% ke 96,14.

Semalam, dolar diperdagangkan pada level tertinggi tiga minggu terhadap yen, dengan harapan stimulus terus menekan mata uang Jepang, sementara pound diperdagangkan di atas 1,33 setelah Bank of England mempertahankan suku bunga tetap dalam keputusan yang mengejutkan.

Yen melemah di seluruh papan kurs, sejak koalisi Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meningkatkan kursi mayoritas dalam pemilihan parlemen di akhir pekan lalu, memperbesar harapan peluncuran paket baru langkah-langkah stimulus untuk memacu pertumbuhan ekonomi.

Mata uang Jepang itu juga tertekan laporan dari Bloomberg bahwa mantan Kepala Federal Reserve AS Ben Bernanke telah memberikan ide “uang helikopter” bersama dengan salah satu penasihat utama Perdana Menteri Shinzo Abe pada bulan April.

“Helikopter uang” adalah istilah untuk menggambarkan bagaimana bank sentral bisa membiayai anggaran pemerintah secara langsung sebagai cara untuk memerangi deflasi.

Pound melonjak ke level tertinggi sejak akhir Juni terhadap dolar pada Kamis malam setelah BoE menjaga suku bunga stabil pada 0,5%, tapi mengisyaratkan bahwa akan ada kebijakan pelonggaran pada pertemuan Agustus mendatang.

Risalah pertemuan BoE menyatakan bahwa referendum bulan lalu untuk meninggalkan Uni Eropa menyebabkan ekonomi Inggris melemah dan dengan pasar perumahan sebagai bidang yang perlu perhatian khusus.

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa klaim pengangguran awal tidak berubah pada 254.000 untuk pekan yang berakhir 9 Juli tidak jauh dari terendah 43 tahun sebesar 248.000 disentuh pada pertengahan April.

Dalam laporan terpisah, Departemen Tenaga Kerja AS juga mengatakan indeks harga produsen naik 0,5% bulan lalu, kenaikan terbesar sejak Mei 2015, setelah naik 0,4% pada bulan Mei. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES