Model Rambut Ini Efektif Bikin Tampilan Wajah Lebih Muda KontakPerkasa Futures, Para pengendara motor, mungkin sering merasakan gangguan yang membuat proses berkendara jadi tak nyaman. Salah satu gangguan yang sering terjadi adalah iritasi mata akibat kelilipan. Iritasi pada mata, bisa terjadi karena berbagai hal, seperti berada dalam ruangan ber-AC, serta masuknya debu ke dalam mata. Lalu, apa yang harus kita lakukan ketika debu masuk ke mata?

Sebagian besar dari Anda, melakukan pertolongan pertama pada mata iritasi, dengan cara meniup (dengan bantuan teman) atau membasahi mata dengan air. Lalu, apakah pertolongan pertama yang dilakukan saat mata iritasi ini dianjurkan dari sisi kesehatan?

Dokter Nina Amelia, dari Meetdoctor menjelaskan, meniup atau membasahi mata dengan air ketika sedang kelilipan, adalah hal yang tidak dianjurkan. “Hal tersebut dapat menyebabkan trauma dan memperparah iritasi,” ujar Nina.

Dengan meniup mata, mata akan menjadi kering, dan akan semakin membuatnya iritasi, dan apabila dibasahi dengan air, dampaknya akan berbahaya, terlebih bila air yang digunakan tidak bersih. “Mata akan semakin parah,” tambahnya.

“Mata kita sebenarnya telah memiliki mekanisme pertahanan terhadap benda asing, termasuk saat kelilipan. Apabila benda asing yang melekat pada mata berukuran kecil, umumnya hal ini dapat diatasi dengan mengedipkan mata lebih sering,” ujarnya.

Jadi, penanganan dengan meniup, bahkan membasahi mata dinilai tidak berguna. Saat berkedip, air mata akan membasuh mata secara alami sehingga kotoran yang menempel akan ikut terbawa keluar. Jadi, tak perlu begitu khawatir bila kelilipan terjadi.

“Cukup berkedip beberapa kali, hingga sakit tidak terasa,” Kata Nina. Jika memang gangguannya masih terasa, lebih baik Anda menggunakan obat tetes mata, dari pada meniup atau membasahinya. Kadar kebersihan air dalam obat tetes mata lebih baik dan terjamin dari pada air di kamar mandi. (hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.