PT KONTAK PERKASA FUTURES – Barcelona kembali dapat hasil imbang. Melawat ke Real Sociedad, The Catalans malah tertinggal lebih dulu sebelum akhirnya pulang membawa hasil 1-1.

Dalam laga yang dilangsungkan di Anoeta Stadium, Senin (28/1/2016) dinihari WIB, kedua tim berimbang tanpa gol di babak pertama.

Baru di awal babak kedua Sociedad bisa memecah kebuntuan melalui Willian Jose pada menit 53. Namun kondisi itu tidak bertahan lama karena Lionel Messi kemudian membalas untuk membuat kedudukan jadi sama kuat 1-1.

Lima belas menit sebelum pertandingan tuntas, Sociedad berhasil melesakkan gol kedua. Namun wasit membatalkannya karena dianggap sudah terjadi offside. Tidak ada gol tambahan tercipta di sisa waktu, laga pun tuntas 1-1.

Ini menjadi hasil imbang kedua secara beruntun yang didapat Barcelona di La Liga setelah pekan lalu ditahan Malaga 0-0, yang sekaligus memperpanjang kutukan Anoeta untuk Barca karena tak pernah lagi memenangi pertandingan liga sejak 2007. Cuma dapat tambahan satu angka membuat Barca kini tertinggal lima angka dari Real Madrid di posisi teratas. Kedua tim akan saling berhadapan di Camp Nou, pekan depan.

Bagi Sociedad, kegagalan menang membuat mereka gagal masuk zona Liga Champions. Jumlah 23 poin yang dikumpulkan kalah satu dibanding Atletico Madrid yang sementara ada di urutan empat.

Jalannya Pertandingan

Salah satu peluang terbaik pertama yang tercipta dalam laga ini adalah Willian Jose menusuk dari sisi kiri dan melepaskan crossing ke tian jauh. Di sana Prieto berhasil menjemput bola, namun sundulannya bisa diantisipasi Ter Stegen.

Tak lama berselang Sociedad menciptakan skenario serupa untuk mengancam gawang Barcelona. Kali ini Yuri yang melepaskan umpan ke tian jauh dan kembali diterima oleh Prieto. Sama seperti peluang sebelumnya yang gagal, upaya ini juga tak membuahkan hasil karena arah bola melenceng dari sasaran.

Tekanan Sociedad berlanjut saat Prieto mengirim umpan terobosan lambung pada Vela. Namun momen ini juga tak menghasilkan gool karena sepakannya tidak tepat sasaran.

Di menit 37 pemain Barca berhasil menghalau bola tendangan sudut yang dilayangkan Vela ke kotak penalti mereka. Namun si kulit bundar jatuh ke kaki Oyarzabal, yang dari tepi kotak penalti melepaskan tembakan setengah voli, namun arahnya masih gagal menemui bidang sasaran.

Pada lima menit terakhir babak pertama Barcelona menekan Sociedad. Tendangan Luis Suarez dari tepi kotak penalti tidak mengenai target, semeptara upaya ambisius Messi juga mentah karena bola sepakannya terhalang bek lawan.

Di awal babak kedua Neymar nyaris membuat Barcelona unggul ketika tendangan bebasnya diblok kiper Rulli. Tak lama berselang Messi mencoba menusuk ke kotak penalti lawan, tapi tak ada hasil didapat karena dia dengan mudah diantisipasi bek lawan.

Delapan menit babak kedua berjalan Sociedad akhirnya memecah kebuntuan. Umpan panjang dari kiper gagal diantisipasi pemain belakang Barca, bola berhasil dikuasai Vela yang menusuk masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan setelah memperdaya Javier Mascherano.

Tembakan Vela itu masih bisa dihalau Ter Stegean. Tapi rebound yang dilakukan Jose da Silva menggunakan kepalanya gagal diselamatkan sang kiper, dan juga Gerard Pique yang berdiri di bawah mistar gawang.

Tapi keunggulan Sociedad itu tak bertahan lama, karena enam menit berselang Barca menyamakan skor. Gol itu diawali tusukan Neymar dari sisi kiri, yang dia lanjutkan dengan mengirim umpan pada Messi. Dengan kontrol satu sentuhan, Messi lantas menceploskan bola ke dalam gawang melewati kiper Rulli dengan setuhan keduanya.

Pada menit 78 Sociedad berhasil mencetak gol keduanya, meski kemudian dibatalkan wasit. Proses gol yang dianulir itu diawali dari tendangan Vela yang membentur sisi bawah mistar dan membuat bola memantul ke garis gawang dan mental ke arah kotak penalti. Di sana Juanmi menyambarnya dari jarak dekat. Tapi Juanmi dinyatakan telah berdiri dalam posisi offside.

Tiga menit kemudian Barcelona mengancam ketika tembakan Denis Suarez dihalau Navas di garis gawabg, pdahal ketika itu dia sudah berhasil memperdaya kiper Rulli. Dari tendangan sudut yang tercipta, Mascherano berhasil menanduk bola yang datang. Tapi arahnya masih terlalu melebar.

Tendangan Vela membentur tiang gawang! Dari tepi kotak penalti Vela melepaskan tembakan yang dia arahkan ke sudut bawah gawang. Tapi sepakannya membuat bola hanya mengenaik tiang gawang untuk kemudian memantul ke luar.

Di sisa pertandingan Sociedad punya dua peluang tambahan untuk bikin gol. Yang pertama datang dari tembakan Granero namun tepat mengarah ke pelukan Ter Stegen, selanjutnya upaya dari pemain yang sama juga tak membuahkan hasil karena tendangan voli yang dia lepaskan untuk menyambar umpan Vela melayang tinggi.

Susunan Pemain

Real Sociedad: Rulli; Martinez, Inigo, Navas, Yuri; Prieto (Canales 72), Illarra, Zurutuza; Vela, Willian Jose (Juanmi 75), Oyarzabal (Granero 85)

Barcelona: Ter Stegen; Sergi, Pique, Mascherano, Alba; Rakitic (Denis 46), Busquets, Gomes; Messi, Suarez, Neymar. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES