Batal Ikut Turnamen di Spanyol, Timnas U-19 Dikirim ke BruneiJakarta – PSSI telah memutuskan bahwa tim nasional Indonesia U-19 batal tampil di turnamen Torneo Internacional de Futbol Sub-20 de L’Alcudia– yang biasa disebut COTIF– di Valencia. Sebagai gantinya, timnas U-19 akan mengikuti Hassanal Bolkiah Trophy (HBT) 2014 di Brunei Darussalam.

PSSI mengambil keputusan tersebut setelah menggelar rapat Komite Eksekutif di Jakarta, Rabu (23/7/2014) malam.

Timnas U-19 tadinya direncanakan mengikuti turnamen COTIF di Valencia pada bulan Agustus mendatang. Di turnamen tersebut, timnas U-19 berada di Grup A bersama Argentina U-20, Arab Saudi U-20, dan Mauritania U-20.

Namun, belakangan PSSI mendapatkan undangan dari pihak federasi sepakbola Brunei Darussalam. Brunei meminta perwakilan Indonesia di turnamen Hassanal Bolkiah Trophy (HBT), yang juga akan digelar pada bulan Agustus.

Sekjen PSSI Joko Driyono mengatakan, pihaknya akhirnya memastikan bahwa timnas U-19 batal mengikuti turnamen COTIF dan memilih Hassanal Bolkiah Trophy. Ada beberapa hal yang disebutnya sebagai pertimbangan, antara lain HBT dinilai lebih bermanfaat bagi timnas U-19.

“PSSI melihat peserta yang tampil di HBT adalah negara. Sedangkan COTIF campuran, klub dan negara. Apalagi Arab Saudi U-20 yang satu grup dengan Indonesia ternyata batal mengirimkan timnya ke COTIF. Sehingga jumlah pertandingan di COTIF pasti berkurang. Bisa cuma tiga kali main, karena tinggal empat tim,” ungkap Joko, Kamis (24/7/2014).

“Sementara timnas U-19 butuh pertandingan yang lebih banyak. Kalau di HBT kami bisa lima game, karena masuk di grupnya berisi enam tim.”

“Selain itu, ada dorongan negara sahabat, AFC, dan juga dari KBRI di Brunei, sebagai wakil pemerintah untuk Indonesia berpartisipasi di turnamen HBT. Apalagi Indonesia sempat menjadi runner-up di sana. Pesertanya juga rata-rata adalah U-21 dan ditambah tiga pemain senior.”

Meski demikian, Indonesia akan tetap punya wakil di turnamen COTIF. PSSI memutuskan untuk mengirimkan timnas U-21 ke turnamen tersebut.

“Timnas U-21 nanti yang akan dipersiapkan. Pemainnya berasal dari juara ISL U-21, Sriwijaya FC, dan beberapa pemain campuran. Tergantung pelatih, Ruddy Keltjes,” jelas Joko.

Di HBT 2014, Indonesia tergabung di Grup B bersama tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Sementara Grup A diisi Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, dan Thailand.

Artikel: kontakperkasa futures.