Bedah Kekuatan Lawan Timnas U-23 di Sea Games 2015 KontakPerkasa Futures, Timnas Indonesia U-23 terhindar dari grup neraka di penyisihan grup Sea Games 2015. Meski demikian, ada 3 calon lawan kuat yang wajib diperhitungkan pasukan Aji Santoso agar bisa lolos ke fase knock out.

Indonesia sendiri terakhir kali meraih medali emas 24 tahun lalu, yaitu di Sea Games Filipina 1991. Kala itu, Aji Santoso cs berhasil mengalahkan Thailand di final di Sea Games Filipina tahun 1991.

Dalam dua kali final terakhir di ajang Sea Games, Timnas Indonesia U-23 meraih hasil antiklimaks. Berhasil menembus partai puncak di Sea Games 2011 dan 2013, namun gagal meraih medali emas.

Dikalahkan Malaysia lewat drama adu penalti di Sea Games 2011. Padahal kala itu Andik Vemansyah dan kawan-kawan berstatus sebagai tuan rumah. Dua tahun berselang, Tim Garuda juga kembali menelan kekalahan di partai puncak dari Thailand di Sea Games 2013.

Tahun ini, Indonesia berharap kembali menembus partai puncak mengingat lawan yang cukup setara di penyisihan grup.

Lawan tangguh Indonesia di Grup A adalah Singapura, Filipina, dan Myanmar. Selain itu Manahati Lestusen cs juga harus mewaspadai Kamboja sebagai tim kuda hitam.

Lawan yang patut diwaspadai pertama adalah Filipina. Mengalami peningkatan pesat dalam 5 tahun terakhir. Meski belum pernah menang dalam 5 pertemuan terakhir di ajang Sea Games, Filipina menjadi akan menjadi salah satu lawan tangguh di penyisihan.

Selanjutnya adalah Myanmar, Tim besutan Kyi Lwin ini pun akan menjadi lawan sulit bagi Indonesia. Prestasi terakhir Myanmar di ajang Sea Games yaitu medali perunggu tahun 2011. Myanmar pernah mengalahkan Indonesia 1-3 di ajang Sea Games 2009 dan bermain imbang tanpa gol di Sea Games 2007.

Yang terakhir adalah Singapura, tim besutan Aide Iskandar ini pun harus diwaspadai oleh pasukan Aji Santoso di babak penyisihan. Meski belum pernah menang dalam 5 pertemuan dari Indonesia di ajang Sea Games, Singapura juga memiliki kans cukup besar untuk lolos ke semi final. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.