Belanda Gagal Lolos, Bagaimana Nasib Danny Blind KontakPerkasa Futures, Danny Blind gagal menuntaskan misinya untuk mengantarkan Belanda ke putaran final Piala Eropa 2016. Bagaimana nasibnya setelah ini? Apakah akan tetap dipertahankan sebagai pelatih?

Belanda yang dilatih Blind harus menerima kenyataan gagal melewati babak kualifikasi. Pada pertandingan penentuan, Oranje malah kalah 2-3 dari Republik Ceko di hadapan pendukungnya sendiri, Rabu (14/10/2015) dinihari WIB.

Kekalahan tersebut membuat Belanda finis di peringkat keempat di klasemen akhir Grup A. Mereka harus mengakui keunggulan Republik Ceko, Islandia, dan Turki yang mendapatkan tiket ke Prancis tahun depan.

Gelandang serang Belanda, Wesley Sneijder, berharap publik tak menyalahkan Blind atas kegagalan timnya lolos ke putaran final. Menurut Sneijder, para pemain Belanda memang tidak tampil maksimal.

“Jangan salahkan Blind. Dia memercayai pemain dan kami harus tampil bagus,” ujar Sneijder kepada NOS.

Blind sebenarnya cuma memimpin tim di empat pertandingan terakhir di babak kualifikasi. Dia menggantikan Guus Hiddink, yang mundur pada bulan Juni silam.

Dalam empat pertandingan di bawah arahan Blind, Belanda cuma menang sekali. Di tiga laga lainnya, mereka menelan kekalahan.

“Saya tidak menyalahkan diri saya untuk apapun. Saya yakin sudah melakukan segala yang saya bisa,” aku Blind.

“Jika Anda melihat pertandingan melawan Islandia (di mana Belanda kalah 0-1), semuanya sudah pada tempatnya. Namun, ada hal-hal yang terjadi dan membuat Anda bertanya-tanya bagaimana itu mungkin terjadi. Namun, kami tak bisa mengontrolnya,” tuturnya.

Blind kini berharap Asosiasi Sepakbola Belanda (KNVB) masih mempertahankannya sebagai pelatih untuk memimpin tim di kualifikasi Piala Dunia 2018.

“Saya ingin terus menjadi pelatih. Saya masih waras ketika saya mengiyakan tawaran dari KNVB. Pertama-tama, sebagai asisten Hiddink dan kemudian saya mengambil alih,” ujarnya.

“Anda harus tetap realistis. Saya pikir Anda tidak harus membuat perubahan karena ada banyak pemain-pemain muda. Kita perlu menganalisis apa yang sedang terjadi. Ada pemain-pemain yang lebih baik yang sekarang tidak bisa main,” kata ayah Daley Blind itu. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.