Bertemu Menpora, Manor Bicarakan Masa Depan Rio KontakPerkasa Futures, Manor Racing melakukan pertemuan dengan Menpora Imam Nahwari di Jakarta. Meski pelunasan pembayaran belum jelas, Manor berniat mengikat Rio lebih lama.

Di lantai 10 kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah berlangsung pertemuan antara Menpora Imam Nahrawi dengan managing director of Manor, Abdulla Boulsien. Pertemuan tersebut didampingi ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati, juga Deputi IV Bidang Peningkatan prestasi Olahraga Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

Dalam pertemuan yang berlangsung 30 menit itu, Imam mengucapkan terimakasih kepada Manor atas kesempatan yang diberikan kepada Rio dan Indonesia karena sudah bisa balapan di Formula 1. Menurut Imam, ini menjadi pengalaman yang bagus untuk Rio.

Lebih dari itu, Imam berharap Rio bisa terus tampil di F1. Hal ini tak lepas dari berbagai kendala yang dihadapi Rio, khususnya soal tenggat pembayaran kursi pebalap Manor.

Manor Racing sebenarnya telah memberikan tenggat bagi Rio hingga 31 Mei untuk melunasi pembayaran satu kursi pebalap di Manor. Namun, hingga batas waktu yang ditetapkan, pihak Rio baru membayarkan sekitar 8 Juta Euro. Jumlah itu diperoleh dari sponsor utama Pertamina sebesar 5 juta dollar euro dan 3 juta dollar euro dari pihak Rio. Artinya masih ada kekurangan 7 juta euro yang harus dicari jalan keluarnya.

“Kami berharap Rio tetap bisa ikut F1 sampai tuntas. Ke depan (harus) ada penjelasan detil lagi kepada sponsor karena sponsor tidak hanya diliput di sirkuit, tapi pra musim juga adalah hal yang menarik bagi sponsor,” kata Imam kepada pewarta, Selasa (14/6/2016).

“Dan, tadi Manor pun menyampaikan bahwa kekurangan ini bisa diselesaikan meskipun hari ini baru Pertamina dan Kiki Sport yang membantu. Masih ada kesempatan untuk masyarakat dan sponor untuk terlibat dan mencukupi semua,” ujar dia lagi.

Hal yang sama diungkapkan Abdulla. Usai pertemuan, Abdullah mengatakan jika pihaknya tidak hanya membicarakan peluang Rio untuk 2016 saja, melainkan untuk masa depan pebalap Indonesia di tahun berikutnya.

“Terima kasih kepada Menpora dalam pertemuan yang produktif ini. Bukan hanya di untuk tahun 2016 ini tetapi kami juga membicarakan masa depan Rio untuk tahun 2017 bahkan hingga 2018,” kata Abdulla.

“Secara umum, Manor sangat senang dengan penampilan Rio. Tim ini juga terus berkembang di setiap serinya. Kami juga mendiskusikan kekuatan F1 di Indonesia yang merupakan olahraga global dan memiliki efek terhadap masyarakat global, juga bagaimana F1 ini memiliki benefit yang banyak dari segi promosi ke seluruh dunia,” Abdulla menjelaskan.

“Berdasarkan fakta, Rio merupakan satu-satunya pembalap muslim di F1 dan salah satu pembalap yang populer bila dilihat dari media sosial. Jadi kami puas dengan Rio,” ungkapnya.

Lalu bagaimana soal tenggat pembayaran. Abdulla mengatakan pihaknya tidak membicarakan itu dengan Menpora. “Saat ini kami tidak membicarakan soal itu, tapi kami membicarakan soal jangka panjangnya,” pungkasnya. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.