PT KONTAK PERKASA FUTURES – Sadio Mane dinilai telah menunjukkan kualitas yang sesuai dengan nilai transfernya. Penampilan di awal musim ini dan respons fans Liverpool sebagai buktinya.

Mane didatangkan ke Anfield dengan banderol 34 juta poundsterling. Nominal itu membuat pemain internasional Senegal tersebut sebagai pembelian termahal The Reds musim panas ini.

Di awal kompetisi musim ini, Mane menunjukkan penampilan yang menjanjikan. Dia berhasil mendonasikan satu gol dalam kemenangan Liverpool atas Arsenal 3-4. Squawka mencatat dia telah membuat 41 passes dengan persentase akurasi mencapai 76% dengan 63% di antaranya dengan forward passes.

Kontribusi bagus Mane itu cukup menggembirakan fans Liverpool. Sampai-sampai rumor cedera Mane saat memperkuat timnas Senegal saat menghadapi Namibia dalam kualifikasi Piala Afrika memnacing kekhawatiran berlebihan fans The Reds. Apalagi, Liverpool akan menghadapi tiga pertandingan kandang ke depan. Meski kemudian rumor itu dinetralisir dengan keterangan kalau dia ditarik keluar lapangan sebelum pertandingan habis untuk mencegah cedera.

Situasi itu dinilai mantan penyerang Liverpool, John Aldridge, sebagai bukti betapa pentingnya keberadaan Mane. Dia menyamakannya dengan John Barnes, pemain Liverpool di tahun 1980-an.

“Saya tak suka membanding-bandingkan pemain, tapi situasi yang melingkupi Mane sangat mirip ketika John Barnes direkrut ke Anfield pada tahun 1987,” kata Aldridge seperti dikutip Daily Star.

“Saya tak mengatakan kalau Sadio Mane adalah John Barnes yang baru, tapi dia salah satu generasi yang akan meledak. Fans Liverpool tak sabar menunggu untuk melihat penampilan pertama dia di Anfield, mirip dengan John Barnes waktu itu.

“Baru dalam tiga pertandingan musim ini Sadio Mane sudah jadi pemain kunci. Betapa pentingnya kehadiran dia di atas lapangan terlihat ketika dia harus ditarik keluar karena cedera kala tampil bersama Sebegal di pertandingan internasional pekan ini.

“Fans The Reds sudah panik sampai rumor itu kemudian dibantah. Dia telah membuat imbas yang signifikan terhadap fans Liverpoool, dia juga telah seberpengaruh John Barnes waktu itu,” tutur dia. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES