Bisa Main Indah, Pemain Chelsea Diminta Juga Main Kotor KontakPerkasa Futures, Kemenangan besar yang diraih atas Crystal Palace merupakan keberhasilan Guus Hiddink menginspirasi pemain-pemain Chelsea setelah sebelumnya sangat terpuruk. Hal lainnya, Hiddink juga mengajarkan pemainnya untuk ‘main kotor’.

Setelah hasil imbang dengan Watford dan Manchester United, Hiddink akhirnya memberi kemenangan pertama untuk Chelsea. The Blues diantarnya membawa pulang keunggulan 3-0 dari lawatan ke Crystal Palace, Minggu (3/1/2016) malam WIB.

Penampilan Chelsea dalam laga tersebut dinilai sudah mengalami banyak perubahan dibanding saat masih dibesut Mourinho. Diego Costa menemukan lagi ketajamannya, Cecs Fabregas kembali jadi kunci di lapangan tengah, dan John Terry menyanjung performa timnya sama seperti musim lalu saat gelar Premier League dibawa pulang ke Stamford Bridge.

Keberhasilan Hiddink (Chelsea belum terkalahkan sejak dia ditunjuk sebagai manajer interim W1 D2) bukan cuma karena dia berhasil mengispirasi para pemain. Meneer asal Belanda itu juga meminta bintang-bintangnya ‘bermain kotor’.

Chelsea, disebut Hiddink, punya banyak pemain berkelas dan tahu bagaiman bermain dengan baik dan indah. Tapi mereka kini diminta untuk bermain lebih menggunakan kekuatan fisik.

“Saat mereka menguasai bola mereka tahu bagaimana untuk bermain. Tidak banyak yang bisa ditambahkan pada pemain berkualitas seperti ini. Mereka diberkahi dengan kualitas, tapi mereka harus tahu kalau pertandingan berjalan tak seperti yang diinginkan maka kita harus mengetahui apa penyebabnya.”

“Para pemain juga mulai melakukan apa yang saya sebut sebagai pekerjaan kotor, bukan sekadar menunjukkan permainan indah yang bisa mereka mainkan. Liga ini menuntut banyak. Jika Anda pikir Anda bisa melakukannya (di Liga Inggris) hanya mengandalkan kualitas, berupa talenta yang secara alami dipunya, maka liga ini akan membunuh Anda,” papar Hiddink usai laga.

Salah satu pemain yang mulai ‘main kotor’ adalah Oscar. Gelandang serang asal Brasil itu disebutnya telah berupaya menunjukkan sesuatu yang sangat jarang dilakukan sebelumnya.

“Oscar sudah melakukan sesuatu yang bukan merupakan kualitas terbaiknya – dia mulai melakukan tekel sedikit,” ucap Hiddink.

Lebih lanjut Hiddink juga meminta Chelsea tidak diam bertahan setelah berada dalam posisi unggul. Menjaga keunggulan dengan hanya menunggu serangan lawan disebutnya sebagai ‘rasa aman yang palsu’.

“Saya tidak suka melihat mereka turun jauh ke belakang, untuk mencari rasa aman palsu. (Rasa aman) itu diambil dengan terus maju ke depan dan merebut bola secepat mungkin,” tegasnya. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.