Bisnis Bagus Madrid dari Penjualan Di Maria, Oezil dan HiguainJakarta – Real Madrid tak cuma pintar membelanjakan uangnya. Di bawah Florentino Perez El Real menjadi klub yang sangat lihai mentransaksikan pemain dan meraih keuntungan sangat besar.

Soal Madrid yang sangat boros membelanjakan uang untuk membeli pemain bintang bisa dilihat dari daftar pemain termahal dunia saat ini. Dari lima nama yang berada di posisi teratas semuanya melibatkan Madrid: Luis Figo, Zinedine Zidane, Kaka, Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale.

Itu belum termasuk nama-nama lain yang diboyong ke Santiago Bernabeu dengan harga tinggi meski belum punya nama besar.

Tapi Madrid selalu berhasil meyakinkan kalau kebiasaan membeli pemain mahal dan berlabel bintang adalah sebuah investasi yang sangat baik. Penjualan jersey, prestasi yang didapat dan juga nilai brand Madrid sebagai sebuah klub terus berada di level atas dengan datangnya para bintang. Selain itu, dalam beberapa kesempatan Madrid berhasil menjual pemainnya dengan harga jauh lebih mahal dibanding saat beli.

Kasus yang terakhir melibatkan Angel Di Maria. Didatangkan dari Benfica dengan harga 25+11 juta euro, Madrid berhasil menjualnya dengan harga sekitar 75 juta euro, yang sekaligus menjadi rekor transfer termahal di Inggris. Itu artinya Madrid mendapat untung sekitar 39 juta euro.

Kondisi serupa terjadi pada Mesut Oezil yang dilepas ke Arsenal musim lalu. Saat diboyong dari Werder Bremen pada 2010 lalu Madrid cuma harus membayar 15 juta euro. Sementara The Gunners harus merogoh koceknya dalam-dalam dan membayar 53,3 juta euro sebagai maharnya pada Madrid.

Fakta: Di Maria dan Oezil kini menjadi pemain dengan nilai transfer termahal pertama dan ketiga di Inggris.

Pemain lain yang juga mendatangkan banyak uang ke kantong Madrid adalah Gonzalo Higuain. Nilai Higuain saat diboyong dari River Plate adalah 12 juta euro, sementara saat dilego ke Napoli harganya melonjak menjadi 40 juta euro.

Dari tiga pemain itu saja Madrid sudah mendapat ‘untung’ sebesar sekitar 104 juta euro atau setara dengan Rp 1,6 triliun. Padahal Madrid sudah berulang kali menjual pemain dengan harga yang lebih tinggi dibanding saat membelinya. Beberapa di antaranya adalah Robinho, Nikolas Anelka sampai Arjen Robben. Demikian dikutip dari Marca.
Berikut daftar penjualan termahal Real Madrid (dalam juta euro)

Di María – United – 75.000.000
Özil – Arsenal – 53.300,000
Robinho – Manchester City – 42.000.000
Higuaín – Napoli – 37.000.000
Anelka – PSG – 31.000.000
Robben – Bayern – 25.000.000
Owen – Newcastle – 24.000.000
Makelele – Chelsea – 24.000.000
Seedorf – Inter – 24.000.000
Morata – Juventus – 22.000.000