Brasil Tersingkir Gara-Gara Wasit, Dunga pun Murka KontakPerkasa Futures, Brasil tersingkir dari Copa America Centenario karena gol kontroversial Peru. Pelatih Selecao Carlos Dunga pun dibuat murka oleh keputusan wasit itu.

Pada laga ketiga Grup B Copa America Centenario yang dihelat di Gillette Stadium, Senin (13/6/2016) pagi WIB, Brasil sebenarnya hanya butuh hasil imbang lawan Peru untuk memastikan lolos ke perempatfinal.

Brasil sendiri punya peluang besar untuk menang setelah mereka mendominasi pertandingan dan membuat banyak peluang yakni 14 attempts dengan lima on goal. Sementara, Peru hanya membuat 4 attempts dengan dua on goal.

Namun, di sisa 15 menit pertandingan, petaka datang untuk Brasil ketika Andy Polo Polo menyisir di sisi kanan sebelum melepaskan umpan silang ke depan gawang. Raul Ruidiaz menceploskannya ke dalam gawang.

Protes keras dilancarkan Brasil karena menilai Ruidiaz mencetak gol menggunakan tangan. Wasit sempat menghentikan pertandingan sejenak untuk memutuskan sah atau tidaknya gol tersebut sebelum akhirnya Peru mendapatkan gol kemenangannya itu.

Hingga laga berakhir skor 0-1 tetap bertahan untuk kemenangan Peru dan Brasil akhirnya angkat koper lebih cepat dari turnamen ini. Bagi Brasil ini adalah catatan terburuk mereka selama mengikuti Copa America dengan format baru sejak 1993.

Wajar saja jika hasil ini begitu mengecewakan kubu Brasil terutama Dunga yang dibuat geram dengan keputusan wasit Andreas Cunha yang mengesahkan gol Peru, meski didahului handball.

“Semua orang melihat apa yang terjadi. Kami tidak bisa mengubahnya,” ujar Dunga seperti dikutip Soccerway.

“Saya tidak paham kenapa wasit dan asisten membicarakan itu selama empat menit lalu tidak menyelesaikan apapun,” sambungnya.

“Brasil tersingkir tanpa bermain sama sekali,” tutupnya. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.