PT KONTAK PERKASA FUTURES – Tottenham Hotspur tak berbelanja besar sejauh ini di bursa transfer. Mauricio Pochettino menyebut bahwa secara kualitas, timnya sudah amat oke.

Sejauh ini Spurs baru mendapatkan dua pemain dari bursa transfer musim panas ini. Mereka adalah Victor Wanyama dan Vincent Janssen.

Adem ayemnya pergerakan Spurs di bursa dinilai bisa memengaruhi kans mereka untuk kembali bersaing di papan atas Premier League musim ini. Tapi Pochettino percaya skuatnya sudah bagus, meski masih membuka kans merekrut sejumlah pemain baru lagi.

“Saya sangat senang dengan para pemain saya, saya rasa sangat sulit untuk menemukan pemain-pemain yang lebih baik daripada yang kami punya,” kata manajer Spurs itu dikutip Sky Sports.

Meski enggan banyak mengubah komposisi tim, Pochettino tak menampik adanya kekecewaan besar terhadap hasil yang dipetik musim kemarin. Mereka kehilangan gelar juara dan gagal finis runner-up di pekan-pekan terakhir, hingga akhirnya menuntaskan musim di posisi tiga.

“Saya memberitahu mereka ‘kalau saya punya kesempatan untuk membunuh kalian, maka saya bunuh semuanya. Saya waktu itu ingin membunuh mereka semua,” ujar Pochettino soal luapan rasa frustrasinya, yang diungkapkan ke tim ketika tur di Australia lalu.

“Dan saya tidak punya kesempatan untuk membunuh mereka. Saya juga akan membunuh diri saya sendiri,” imbuhnya.

Pochettino percaya kegagalan mendapatkan hasil lebih baik musim kemarin lebih banyak disebabkan karena faktor mental. Di pekan-pekan terakhir ketika tekanan meningkat, timnya tak mampu mengatasinya dengan baik.

Tengok saja catatan 11 pekan terakhir, di mana mereka cuma memetik empat kemenangan dan tiga kali kalah. Jumlah kekalahan itu sama dengan yang dialami mereka di 27 pekan sebelumnya.

Oleh karena itu, Pochettino merasa bukan soal perbaikan skuat yang paling dibutuhkan timnya di musim baru ini. Melainkan soal membawa timnya mencapai level mentalitas yang lebih baik.

“Apa kesalahan yang mereka lakukan? Banyak. Sepakbola itu taktis, menuntut fisik, dan teknis, tapi ini juga soal mental. Lebih menuntut mental dari bertahun-tahun lalu,” sambungnya.

“Kami perlu tahu bagaimana caranya meningkatkan kondisi mental kami. Ini sangat-sangat penting. Saya rasa hal ini jadi kunci di beberapa pertandingan terakhir musim kemarin.”

“Membuat tim beranjak, mencapai level lain, di sinilah yang kami perlu tingkatkan,” demikian manajer asal Argentina ini.

Spurs akan memulai musim ini dengan bertandang ke markas Everton di Goodison Park, Sabtu (13/8/2016) malam WIB. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES