Bursa Asia Menguat Jelang Rilis Data Industri ChinaMayoritas saham Asia menguat, Indeks acuan saham regional tersebut naik dari level 3 pekan terendahnya, akibat para investor menunggu rilis data produksi industri China ditengah kekhawatiran pelambatan ekonomi negeri Tirai Bambu.

Indeks MSCI Asia Pacific menguat 0.1% ke level 136.29 pukul 9:02 pagi di Tokyo. Indeks acuan tersebut mencatat penurunan mingguan pertamanya dalam 5 pekan terakhir setelah rilis data pertumbuhan kredit dan ekspor China yang menunjukkan penurunan, memicu spekulasi bahwa China tidak akan mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 7.5%. Data produksi industri China bulan Februari lalu yang dirilis pada hari ini diperkirakan akan menunjukkan penurunan, menurut survei para ekonom oleh Bloomberg.

Indeks Kospi Korea Selatan menguat 0.4% dan Indeks Topix Jepang flat. Indeks S&P/ASX 200 Australia menguat 0.3%.

Indeks NZX 50 Selandia Baru melemah 0.1% setelah bank sentral menaikkan acuan tingkat suku bunga, langkah pertama yang dilakukan negara tersebut guna mengakhiri rekor terendah suku bunga tahun ini, dan dikatakan pula akan menghilangkan stimulus secepatnya.

 Artikel: kontakperkasa futures.