2Saham Hong Kong dibuka menguat pada hari ini, yang merupakan hari perdagangan pertama tahun baru, meskipun laporan resmi aktifitas manufaktur China menunjukkan pelemahan lebih lanjut pada bulan Desember lalu.

Indeks Hang Seng naik 0,3%. Sehari sebelumnya, data resmi menurut pemerintah China menunjukkan Indeks Purchasing Managers turun ke angka sebesar 50,1 pada Desember lalu dari angka sebesar 50,3 pada bulan November, Sehingga menandai penurunan bulanan secara berturut-turut.

Di antara penggerak saham utama di Hong Kong saham real estate yang mencatatkan kenaikan paling tinggi, karena para analis memperkirakan bank sentral akan terus menyuntikkan likuiditas ke pasar memasuki tahun baru untuk mendorong pertumbuhan perekonomian.

Saham Sunac China Holdings Ltd menguat 5,5%, Poly Property Group Co naik 4,7%, China Overseas Land & Investment Ltd naik 4,1%, dan China Resources Land Ltd melonjak 3,7%. Sementara saham Bank utama di Hong Kong juga menguat di seluruh papan, saham China Minsheng Banking Corp dan Industrial & Commercial Bank of China Ltd masing-masing naik 1,8%, China Construction Bank Corp naik 1,7%, dan Bank of China Ltd menguat 1,4%.

Di antara penggerak pasar lainnya, saham China Southern Airlines Co turun 1,4%, gagal untuk mendapatkan traksi melebihi 100 juta dari total penumpang di tahun 2014, naik hampir 10% pada tahun sebelumnya. Sementara Bursa Shanghai ditutup pada Jumat ini untuk liburan Tahun Baru yang diperpanjang sampai hari ini.

Artikel: kontakperkasa futures.