PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Bursa saham Hong Kong menuju level terendah satu bulan, dengan berlarut-larutnya kekhawatiran tentang keputusan Inggris yang meninggalkan Uni Eropa menyeret turun perusahaan yang paling terkena dampak di benua tersebut.

Indeks Hang Seng turun 1,1 persen, siap untuk penurunan hari ketiga. Saham HSBC Holdings Plc, pemberi pinjaman yang berbasis di London dengan bobot tertinggi kedua dalam indeks, merosot ke level tujuh tahun terendah. Saham CK Hutchison Holdings Ltd, yang menghasilkan lebih dari setengah pendapatan di Eropa, merosot ke level terendah sejak Januari 2015. Indeks Shanghai Composite tergelincir 0,4 persen setelah naik tajam dalam lebih dari seminggu, pada hari Senin.

Keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa telah mengguncang pasar global, menghapus hampir $ 4 triliun dari nilai ekuitas di tengah kekhawatiran hengkangnya negara tersebut akan mengganggu pemulihan ekonomi global yang sudah rapuh. Banyak perusahaan Hong Kong, termasuk yang dikendalikan oleh miliarder Li Ka-shing seperti CK Hutchison, memiliki ikatan yang kuat ke Inggris dan akan mengalami kekalahan akibat penurunan pound, yang jatuh 11 persen dalam dua hari terakhir sejak keputusan yang disebut dengan Brexit.

Indeks Hang Seng diperdagangkan di level 19,997.22 pada pukul 10:07 pagi waktu setempat, sedangkan Indeks Hang Seng China Enterprises dari perusahaan daratan di Hong Kong turun 1,4 persen. Shanghai Composite merosot ke 2,884.57. Indeks ChiNext untuk saham perusahaan kecil berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian, setelah pada Senin melonjak sebesar 3 persen di tengah spekulasi bahwa pemerintah akan segera mengumumkan rincian dari link exchange yang telah lama ditunggu-tunggu antara Hong Kong dan Shenzhen. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES