Bursa Saham China Menguat Jelang Berakhirnya Pertemuan Legislatif & Rilis Data EkonomiBursa saham China menguat menjelang rilis data produksi industri dan upacara penutupan NPC (National People Congress).

Indeks Shanghai Composite menguat 0.3% ke level 2,004.27 pukul 10:03 pagi, sementara itu Indeks CSI 300 menguat 0.6 % ke level 2,126.06.

Produksi industri China diperkirakan naik 9.5% pada periode Januari-Februari dari awal tahun, berdasarkan pada perkiraan rata-rata para analis oleh Bloomberg News. Output Industri naik 9.7% di Desember tahun lalu. Data ekonomi, meliputi penjualan ritel dijadwalkan akan dirilis pada pukul 1:30 waktu China.

Indeks Shanghai telah mengalami penurunan 5.2% pada tahun ini akibat gagal bayar obligasi, melemahnya yuan dan ketegangan diantara Russia dan Ukraina yang memicu kekhawatiran mengenai ekonomi China.

Data dari pemerintah pekan lalu menunjukkan ekspor merosot tajam sejak 2009 dan inflate terendah dalam 13 bulan terakhir, merupakan tantangan bagi Perdana Menteri Li Keqiang dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 7.5%. Li dijadwalkan akan berpidato pukul 10:30 pagi ini waktu China setelah adanya keputusan dari pertemuan NPC.

Sementara itu China tidak akan merilis data output industri, penjualan ritel dan investasi asset tetap untuk Januari dan Februari, akibat distorsi saat libur panjang Tahun Baru Imlek kemarin.

 Artikel: kontakperkasa futures.