Bursa Saham Jepang Rebound Jelang Pidato AbeKontakPerkasa Futures, Saham Jepang rebound, mendorong keuntungan pada indeks acuan untuk saham Asia ditengah spekulasi Shinzo Abe akan menunda kenaikan pajak penjualan, mempercepat pemilu dan paket stimulus hari ini. Won Korea Selan, minyak melemah untuk hari kedua

Indeks MSCI Asia Pacific naik untuk ketujuh kalinya dalam delapan hari terakhir, naik sebesar 0,6 persen pukul 09:23 pagi di Tokyo. Indeks Topix Jepang melonjak sebesar 1,7 persen pasca meluncur tajam sejak 2 Oktober kemarin. Indeks Standard & Poor 500 Index berjangka sedikit berubah pasca indeks ditutup pada rekor baru tertingginya. Yen berada di dekat level tujuh tahun terendah terhadap dolar AS seiring won Korea Selatan turun 0,6 persen, menghapus keuntungan sesi lalu. Ke depan terhadap rupiah menguat setelah Presiden Indonesia menaikkan harga BBM. Minyak di New York turun 0,3 persen karena logam mulia memperpanjang kerugian.

Abe sedang mempertimbangkan untuk menunda kenaikan pajak selama 18 bulan dan menyerukan untuk melaksanakan pemilihan umum pada 14 Desember mendatang, menurut orang-orang yang akrab dengan diskusi antara anggota parlemen. Dia akan berpidato di didepan wartawan hari ini, surat kabar Yomiuri mengatakan kemarin. Bank sentral Jepang juga memulai pertemuan selama dua hari pada hari ini, pasca rilis data kemarin menunjukkan ekonomi terbesar kedua di Asia berada dalam resesi. Sebuah laporan harga properti China akan dirilis, bersama dengan risalah dari konferensi Reserve Bank of Australia bulan November.

Abe juga akan memesan penciptaan paket stimulus ekonomi saat ini, kata Ryu Shionoya, wakil kepala kebijakan Partai Demokrat Liberal yang berkuasa. Rating persetujuan kabinet Abe jatuh bulan ini menjadi 44 persen dari puncaknya pada bulan April tahun lalu dari 66 persen, jajak pendapat oleh lembaga penyiaran publik televise NHK. Hampir 75 persen responden mengatakan peningkatan lebih lanjut dalam pajak penjualan 10 persen harus dibatalkan atau ditunda. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.