1Saham China catat kenaikan untuk hari keempat, mengirim indeks acuan menuju kenaikan bulanan tertinggi sejak April 2007 silam. Sementara saham Bank dan produsen obat melakukan reli.

Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan China Construction Bank Corp, pemberi pinjaman terbesar di negara itu, memimpin acuan saham keuangan dalam kenaikan terbesar di antara kelompok-kelompok industrti lainnya. Hualan Biological Engineering Inc naik 2,2 % seiring saham produsen obat menguat setelah kantor berita resmi Xinhua melaporkan China telah mengembangkan vaksin untuk melawan virus Ebola. Sementara saham Sinovel Angin Group Co naik ke level tertinggi dalam satu tahun terakhir setelah diprediksi peningkatan dalam keuntungan tahunan. Anhui Conch Cement Co naik 5,2 % terkait perubahan kepemilikan saham.

Indeks Shanghai Composite naik 0,6 % ke level 3,186.22 pukul 09:49 pagi, menuju level tertinggi dalam hampir lima tahun terakhir. Indeks tersebut telah menguat 19 % bulan ini, naik paling tinggi di antara indeks acuan global, di tengah spekulasi pemerintah yang akan melonggarkan kebijakan moneter untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Sementara volume perdagangan 20 % di bawah RSI 30-hari untuk hari ini. Besok adalah hari perdagangan terakhir di tahun ini.

Indeks Hang Seng China Enterprises turun 0,3 % setelah kemarin menguat 4 % yang merupakan kenaikan terbesar dalam setahun terakhir. Sementara bursa saham Hong Kong kembali melakukan perdagangan kemarin setelah ditutup dua hari perdagangan terakhir pekan lalu untuk liburan Natal, ketika indeks Shanghai naik 6,2 %.

Artikel: kontakperkasa futures.