A worker walks past a logo in Cadbury's Bournville factory in BirminghamBahagian Keselamatan dan Kualiti Makanan (BKKM) Malaysia mengambil sampel dua cokelat jenis Cadbury Dairy Milk, yaitu Cadbury Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond. Hasilnya bahwa cokelat tersebut terdeteksi telah mengandung DNA babi (porcine) tanpa adanya keterangan atau pemisahan produk non-halal.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (29/5/2014), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menanggapi isu kandungan DNA babi pada kedua produk tersebut, bahwa keduanya terdaftar di BPOM dengan nomor izin edar BPOM RI ML 841601105136 dengan komposisi gula, susu bubuk, lemak coklat, kacang almond, coklat massa, lemak nabati, pengemulsi nabati dan perisa coklat. Namun, produk ini tidak memiliki sertifikasi halal dari MUI.

Selain itu, produk Cadbury Milk Hazelnut tidak terdaftar di BPOM. Namun sampai saat ini belum ada Surat Keterangan Impor (SKI) yang diterbitkan oleh BPOM terkait kedua produk tersebut, apabila keduanya ditemukan di pasaran, maka itu adalah produk ilegal.

Saat ini, BPOM melakukan pengawasan intensif untuk memastikan produk ilegal tersebut tidak beredar di Indonesia. Sementara itu, masyarakat diimbau tetap tenang karena BPOM tetap memantau dan menindaklanjuti pemberitaan tersebut

Sebelumnya, Bahagian Keselamatan dan Kualiti Makanan (BKKM) Malaysia mengambil sampel dua cokelat jenis Cadbury Dairy Milk, yaitu Cadbury Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond. Hasilnya cukup mengejutkan, bahwa cokelat tersebut terdeteksi telah mengandung DNA babi (porcine) tanpa adanya keterangan atau pemisahan produk non-halal.

Pihak BKKM membuktikan kandungan babi tersebut berada di produk Cokelat Cadbury Dairy Milk Hazelnut dengan nomor batch 200813M01H I2 dan tanggal kadarluwarsa 13 November 2014. Selain itu, Cadbury Dairy Milk Roast Almond dengan nomor batch 221013N01R I1 dan tanggal kadarluwarsa 15 Januari 2015.

Direktur Jenderal Kesehatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah dalam sebuah pernyataannya menegaskan, tidak menemukan DNA babi dalam sampel Cadbury Dairy Milk Chocolate yang lain. Hasil analisis menunjukkan bahwa DNA babi terdeteksi di Cadbury cokelat yang beredar di media sosial belakangan ini. Noor Hisham mengatakan, produsen produk, Cadbury Biskuit Malaysia Sdn Bhd, diharapkan untuk mengingat produk tersebut dari pasar segera.

Artikel: kontakperkasa futures.