Cara Meningkatkan Memori (Daya Ingat) Memori atau daya ingat, tidak terlepas dari kehidupan Anda sehari-hari dalam melakukan berbagai aktivitas. Tidak terlepas pada saat Anda sedang melakukan proses belajar. Begitu pentingnya memori atau daya ingat, sehingga jika seseorang ingin berhasil dalam pembelajaran maka tentunya harus memperbaiki ingatannya.

Berikut ini, berbagai cara yang Anda dapat lakukan untuk meningkatkan memori atau daya ingat Anda :

  • Fokuskan perhatian Anda pada materi yang Anda pelajari. Perhatian merupakan salah satu komponen utama dari memori. Agar informasi berpindah dari memori jangka pendek ke memori jangka panjang, Anda harus aktif mengikuti informasi ini. Cobalah untuk belajar di tempat yang bebas dari gangguan seperti televisi, musik, dan hiburan lainnya agar perhatian Anda lebih fokus pada apa yang sedang Anda pelajari.
  • Hindari menjejalkan dengan mendirikan sesi studi reguler. Mempelajari materi selama beberapa sesi memberi Anda waktu untuk memproses informasi dengan cara memadai. Penelitian telah menunjukkan bahwa pelajar yang belajar dengan cara teratur akan mengingat materi yang dipelajarinya dengan baik. Bahkan ingatannya jauh lebih baik daripada pelajar yang belajar dalam satu sesi yang panjang.
  • Struktur dan mengatur informasi yang Anda pelajari. Para peneliti telah menemukan bahwa informasi diatur dalam memori dalam kelompok terkait. Anda dapat mengambil manfaat dari hal ini dengan penataan dan pengorganisasian materi yang Anda pelajari. Lakukanlah pengelompokan konsep serupa dan istilah bersama-sama, atau membuat garis besar pada catatan Anda untuk membantu mengelompokkan konsep kelompok terkait.
  • Menjelaskan dan melatih informasi yang Anda pelajari. Dalam rangka untuk mengingat informasi, Anda perlu untuk mengkodekan apa yang Anda pelajari ke dalam memori jangka panjang. Salah satu teknik pengkodean paling efektif dikenal sebagai elaborative latihan. Contoh dari teknik ini akan membaca definisi dari istilah kunci, mempelajari definisi istilah tersebut dan kemudian membaca penjelasan yang lebih rinci tentang apa arti dari istilah tersebut. Setelah mengulangi proses ini beberapa kali, memungkinkan Anda lebih mudah untuk mengingat informasi.
  • Kaitkan informasi baru dengan hal-hal yang telah Anda ketahui. Ketika Anda mempelajari materi yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya, usahakan meluangkan waktu untuk berpikir tentang bagaimana meteri tersebut bisa dikaitan dengan hal-hal yang telah Anda ketahui. Dengan membangun hubungan antara ide-ide baru dan kenangan yang sudah ada sebelumnya, Anda bisa dengan cara dramatis meningkatkan kemungkinan untuk mengingat meteri baru yang Anda pelajari tersebut.
  • Ajarkan konsep baru kepada orang lain disekitar Anda. Pendidik dan psikolog juga telah menemukan bahwa pelajar yang mengajarkan konsep-konsep baru kepada teman-temannya, mampu meningkatkan pemahaman dan daya ingat yang baik bagi pelajar tersebut. Anda dapat menggunakan pendekatan ini proses belajar Anda sendiri dengan mengajarkan konsep dan informasi baru yang Anda dapatkan kepada teman belajar atau orang lain di sekitar Anda.
  • Visualisasikan konsep untuk meningkatkan daya ingat. Banyak orang mendapatkan manfaat yang besar dari visualisasi informasi yang mereka pelajari. Perhatikan foto-foto ata grafik lainnya dalam buku yang Anda pelajari. Jika Anda tidak memiliki petunjuk visual untuk membantu, coba untuk membuatnya sendiri. Misal, menggunakan stabilo atau alat tulis dalam warna yang berbeda, lalu Anda memberi tanda dengan mewarnai  pada bagian kata atau kalimat yang akan Anda ingat.
  • Variasikan rutinitas studi Anda. Cara lain untuk meningkatkan daya ingat Anda adalah sesekali mengubah rutinitas proses belajar Anda. Jika Anda terbiasa untuk belajar di satu lokasi tertentu, cobalah untuk berpindah ke tempat yang berbeda selama sesi proses belajar berikutnya. Jika Anda belajar pada malam hari, cobalah menluangkan waktu beberapa menit pada setiap pagi hari untuk melihat informasi yang Anda pelajari pada malam sebelumnya. Dengan menerapkankan perubahan tersebut pada sesi belajar Anda, Anda dapat meningkatkan efektivitas untuk meningkatkan daya ingat jangka panjang Anda.
  • Berikan perhatian yang ekstra untuk informasi yang sulit. Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana hal tersebut kadang-kadang lebih mudah untuk mengingat informasi pada bagian awal atau bagian akhir informasi? Para peneliti telah menemukan bahwa urutan informasi dapat memainkan peran dalam mengingat, yang dikenal sebagai efek posisi serial. Sedangkan untuk mengingat informasi pada bagian tengah bisanya sulit. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberikan waktu yang ekstra pada informasi yang sulit tersebut. Strategi lain adalah mencoba merestrukturisasi apa yang telah Anda pelajari sehingga akan lebih mudah untuk Anda ingat. Bila Anda menemukan konsep yang sangat sulit, berikanlah waktu ekstra untuk menghafal informasi yang sulit tersebut.
  • Tidur setelah belajar. Para peneliti telah lama mengetahui bahwa tidur adalah faktor penting untuk memori dan belajar. Tidur siang setelah Anda belajar adalah hal baru yang benar-benar dapat membantu Anda untuk belajar lebih cepat dan mengingat lebih baik. Sebuah studi menemukan bahwa sebenarnya tidur setelah belajar merupakan hal baru yang benar-benar menyebabkan perubahan fisik pada otak. Jadi pada saat Anda sedang berusaha untuk mempelajari informasi baru, usahakanlah untuk mendapatkan tidur malam yang baik setelah Anda Belajar.