Cara Terbaik Menjawab Pertanyaan Interview Kerja KontakPerkasa Futures, Jika tanpa persiapan, sesi wawancara kerja akan nampak menakutkan. Sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan cara terbaik menjawab pertanyaan interview kerja.

Umumnya pewawancara akan mengajukan beberapa pertanyaan berikut. Mengerti bagaimana cara terbaik menjawabnya akan memberimu keuntungan.

1. Coba ceritakan tentang diri Anda?

Ini adalah pertanyaan pembuka sesi wawancara. Gunakan pertanyaan ini sebagai kesempatan untuk bisa mempromosikan dirimu. Ceritakanlah apa minat serta kualitas pribadi maupun profesionalmu.

 2. Bagaimana Anda melihat diri sendiri lima tahun ke depan?

Jawablah dengan rencana Anda dalam lima tahun ke depan. Anda bisa bicara tentang ambisi, kemampuan, serta bagaimana pekerjaan itu nantinya akan mengarahkan kesuksesan Anda.

3. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Beri jawaban yang merangkum minat, passion dan prioritas sebagai alasan Anda. Jangan sampaikan tentang harapan Anda akan gaji dan fasilitas yang akan Anda dapatkan. Biarkan pihak HRD tahu bahwa Anda memang tertarik untuk bekerja di tempat tersebut.

4. Apa yang bisa Anda bawa di posisi ini?

Anda bisa berbicara tentang kemampuan yang telah dimiliki selama berkuliah, magang atau pengalaman kerja paruh waktu dan bagaimana kemampuan tersebut dapat membantu Anda menjalankan peran pada posisi yang ditawarkan perusahaan.

5. Apa kekuatan terbesar Anda?

Beri jawaban tentang kekuatan yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Tambahkan penjelasan tentang korelasi kekuatan Anda tersebut dan bagaimana Anda akan menggunakannya secara maksimal ketika memenuhi job desk.

6. Apa kelemahan terbesar Anda?

Dari pada menceritakan tentang kelemahan Anda, lebih baik fokus pada kemampuan yang di kemudian hari bisa Anda perbaiki.

7. Apa prestasi terbesar Anda?

Ceritakan prestasi Anda dengan memberi contoh spesifik dari kesuksesan Anda memanfaatkan kemampuan Anda. Tentu saja, berikan jawaban yang relevan dengan pekerjaan yang sedang Anda lamar.

8. Apa ada pertanyaan?

Biasanya pencari kerja memilih untuk tidak bertanya. Coba ajukan satu atau dua pertanyaan tentang perusahaan. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah sosok cerdas dan serius ingin dipekerjakan di perusahaan tersebut. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.