PORTO, PORTUGAL - SEPTEMBER 29:  Goalkeeper Iker Casillas of FC Porto celebrates their victory after the UEFA Champions League Group G match between FC Porto and Chelsea FC  at Estadio do Dragao on September 29, 2015 in Porto, Portugal.  (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

PORTO, PORTUGAL – SEPTEMBER 29: Goalkeeper Iker Casillas of FC Porto celebrates their victory after the UEFA Champions League Group G match between FC Porto and Chelsea FC at Estadio do Dragao on September 29, 2015 in Porto, Portugal. (Photo by Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

 KontakPerkasa Futures, Iker Casillas belum habis dan masih bisa bikin rekor. Kiper FC Porto itu kini tercatat sebagai penoreh clean sheet terbanyak di Liga Champions.

Casillas memang sudah tidak lagi bermain di salah satu liga paling disorot di dunia, namun bukan berarti namanya sudah hilang sama sekali. Setidaknya rekor yang dibuatnya dinihari tadi berbicara dengan sendirinya.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Do Dragao, Rabu (21/10) dinihari WIB, Porto menang dua gol tanpa balas atas Maccabi Tel Aviv. Dua gol Porto pada laga tersebut diciptakan oleh Vincent Aboubakar dan Yacinie Brahimi pada menit ke-37 dan 41.

Tidak satu pun gol yang masuk ke gawang Porto pada laga tersebut membuat Saint Iker membuat sejarah. Dalam catatan situs resmi UEFA, kiper asal Spanyol itu kini mencatat 51 clean sheet dalam 153 penampilannya di Liga Champions.

Casillas meninggalkan Edwin van der Sar, yang sebelum ini sama-sama menorehkan 50 clean sheet. Van der Sar –yang kini telah pensiun– menorehkan catatan tersebut dalam 98 penampilan di Liga Champions.

Dari catatan yang dilansir Opta, selain Casillas dan Van der Sar, tiga kiper lainnya yang berada dalam daftar lima besar penoreh clean sheet terbanyak adalah Victor Valdes (45 clean sheet/108 laga), Petr Cech (45 clean sheet/107 laga), dan Gianluigi Buffon (37 clean sheet/90 laga).

Pada laga melawan Maccabi dinihari tadi, Casillas relatif mendapatkan pekerjaan mudah. Sepanjang laga, Maccabi melepaskan 12 attempts, tetapi hanya 1 yang tepat sasaran. Satu-satunya attempt tepat sasaran itu pun berhasil dimentahkan Casillas.

Berkat kemenangan dua gol tanpa balas itu, Porto kini bertengger di puncak klasemen sementara Grup G dengan nilai 7. Di fase grup sejauh ini, Porto belum terkalahkan.

“Kami mendapatkan tiga poin atas tim yang bermain tanpa beban, kami sudah tahu bahwa mereka tim bagus,” ujar pelatih Porto, Julen Lopetegui. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.