Chelsea Hantam Maccabi Tel Aviv 4-0 KontakPerkasa Futures, Chelsea tampil relatif dominan ketika menghadapi tuan rumah Maccabi Tel Aviv. The Blues menang 4-0 dan memperbesar kans mereka untuk lolos ke babak 16 besar.

Dengan hasil tersebut, Chelsea kini mengoleksi nilai 10 dan duduk di posisi kedua Grup G. Sementara, Maccabi duduk di posisi keempat dengan nilai 0 –mereka selalu menelan kekalahan dalam lima laga sejauh ini.

Nilai yang dimiliki Chelsea sama dengan FC Porto. Namun, Porto –yang pada saat bersamaan kalah 0-2 dari Dynamo Kiev– unggul head-to-head atas Chelsea. Pada matchday terakhir, Chelsea dan Porto bakal berhadapan.

Chelsea sendiri punya banyak peluang pada laga melawan Maccabi. Tercatat ada 19 attempts dihasilkan, tetapi hanya 8 di antaranya yang tepat sasaran dan hanya 4 di antaranya menjadi gol.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Sammy Ofer, Rabu (25/11) dinihari WIB, Chelsea langsung mengambil kesempatan untuk menekan tuan rumah. Kendati demikian, peluang bersih pertama justru didapatkan oleh tuan rumah.

Bek Maccabi, Eli Dasa, melihat ada kesempatan dan langsung melepaskan sepakan kaki kanan dari sisi kanan lapangan. Sial baginya, tendangannya masih melebar dari sasaran.

Lima menit berselang, gantian Chelsea mendapatkan peluang bagus. Kali ini, kerja sama antara Oscar dan Cesar Azpilicueta diselesaikan oleh Azpilicueta. Bek asal Spanyol itu menusuk masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan kaki kiri. Namun, tendangan Azpilicueta masih melambung.

Setelahnya, giliran Cesc Fabregas yang mencoba peruntungan dengan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Hasilnya juga masih nihil. Tendangan Fabregas masih melambung.

Baru pada menit ke-20, Chelsea berhasil membobol gawang Maccabi. Gol bermula dari umpan Willian yang disambut Gary Cahill dengan sebuah sundulan. Awalnya, sundulan Cahill masih bisa diblok kiper Maccabi, Predrag Rajkovic, tetapi bola rebound disambar kembali oleh Cahill dengan sepakan. Chelsea pun unggul 1-0.

Peluang demi peluang kembali didapatkan Chelsea. Pada menit ke-38, Baba Rahman, yang maju ke sepertiga akhir lapangan, menerima operan dari Fabregas lalu melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, sepakannya masih melambung dari sasaran.

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Maccabi harus bermain dengan 10 orang setelah Tal Ben Haim mendapatkan kartu merah. Bek Maccabi itu diusir lantaran melakukan pelanggaran keras: menyepak kaki dari Diego Costa.

Di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-50, Maccabi nyaris menyamakan skor. Eli Dasa, yang lepas dari pengawalan Eden Hazard, menyambut sebuah umpan jauh di sisi kanan lapangan. Dia lantas melepaskan sebuah sepakan keras, tetapi tendangannya masih bisa dihentikan oleh kiper Chelsea, Asmir Begovic.

Chelsea punya sejumlah percobaan untuk mencetak gol sepanjang babak kedua. Mereka juga berulang kali mengurung pertahanan Maccabi di paruh kedua ini. Namun, penyelesaian akhir tim besutan Jose Mourinho itu tidak terlalu bagus.

Baru memasuki menit ke-73, Chelsea mulai mendapatkan angin. Gol kedua yang mereka cari-cari itu akhirnya lahir di menit ke-73. Dari tendangan bebas tidak jauh dari kotak penalti Maccabi, Willian melepaskan sepakan akurat. Predrag Rajkovic pun hanya bisa terpana melihat bola masuk ke dalam gawangnya.

Empat menit berselang, Chelsea memperbesar keunggulan mereka. Kali ini, umpan silang dari sisi kiri yang dilepaskan Baba Rahman disambut dengan sundulan oleh Oscar tepat di dalam kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 3-0.

Pedro, yang masuk di menit ke-69 menggantikan Hazard, sempat mendapatkan peluang pada menit ke-88. Mendapatkan operan dari Oscar, gelandang asal Spanyol itu melepaskan sepakan kaki kanan dari luar kotak penalti. Namun, tendangan Pedro masih menyamping tipis di sebelah gawang Maccabi.

Baru pada injury time babak kedua, Chelsea menambah gol lagi. Kali ini, sepak pojok yang dieksekusi Oscar disambut dengan sundulan oleh Kurt Zouma. Bola sempat mengenai Predrag Rajkovic, namun akhirnya tetap masuk ke dalam gawang juga.

Susunan Pemain

Maccabi Tel Aviv: Rajković, Dasa, Ben Harush, Ben Haim, Carlos García, Alberman (Azulay 85), Zahavi (Yitzakhi 89), Rikan, Igiebor, Peretz, Ben Chaim (Ben Basat 80).

Chelsea: Begovic, Azpilicueta, Cahill, Terry (Zouma 72), Baba Rahman, Fabregas, Matic, Willian (Remy 79), Oscar, Hazard (Pedro 69), Diego Costa. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.