PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Cuaca buruk di Chicago membuat kick-off babak kedua antara Chile vs Kolombia tertunda. Untuk saat ini, Chile memimpin 2-0 atas Kolombia.

Pertandingan semifinal Copa America Centenario berlangsung di Stadion Soldier Field, Chicago, Kamis (23/6/2016) pagi WIB. Kemenangan Chile ditentukan oleh gol-gol Charles Aranguiz dan Jose Fuenzalida di awal babak pertama.

Baik Chile maupun Kolombia sama-sama tancap gas, tampil dalam tempo cepat di babak pertama. Awalnya, Kolombia lebih dulu menekan dan mendapatkan sepak pojok pertama mereka ketika pertandingan belum berjalan lima menit. Namun, mereka tidak mampu menghasilkan gol dari sepak pojok ataupun peluang bersih tersebut.

Setelahnya, gantian Chile membalas. Tujuh menit pertandingan berjalan, kecepatan dari Jose Fuenzalida di sisi kanan lapangan membuat Chile menghasilkan gol pertama mereka.

Fuenzalida melepaskan crossing ke kotak penalti Kolombia. Bola hasil crossing Fuenzalida dihalau oleh gelandang Kolombia, Juan Cuadrado, namun bukannya mengarah ke luar kotak penalti, bola malah mengarah ke depan gawang Kolombia. Alhasil, bola pun langsung disambar oleh gelandang Chile, Charles Aranguiz.

Tiga menit berselang, Chile menggandakan keunggulan menjadi 2-0. Kali ini, gantian Fuenzalida yang menjadi pencetak golnya. Gol berawal dari tendangan Alexis Sanchez dari sisi kiri yang membentur tiang gawang. Bola rebound hasil tendangan Alexis langsung disambar oleh Fuenzalida.

Tertinggal dua gol jelas membuat pendukung Kolombia gusar. Mereka berdiri dari kursi mereka dan terus memberikan semangat kepada tim yang berada di lapangan. Teriakan mereka terdengar jelas di seluruh penjuru stadion.

Di lapangan sendiri, para pemain Kolombia juga tahu bahwa mereka tidak bisa mengendurkan tempo. Pada menit ke-23, Kolombia mendapatkan salah satu peluang terbaik mereka di laga ini via Roger Martinez.

Martinez mendapatkan ruang bebas di dalam kotak penalti Chile. Ia lantas melepaskan sepakan kaki kanan ke arah gawang. Sial bagi Martinez, tendangannya masih bisa ditepis oleh kiper Chile, Claudio Bravo.

Setengah jam pertandingan berjalan, gantian kapten Kolombia, James Rodriguez, yang mendapatkan peluang. Ia mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Namun, tendangan datar James akhirnya melebar.

Pada menit ke-31, Kolombia kembali mendapatkan kans untuk mencetak gol. Peluang berawal dari umpan yang dilepaskan ke kanan. Santiago Arias, yang berada di sisi kanan lapangan, lantas menyambut bola dan menusuk masuk ke dalam kotak penalti. Namun, tendangannya juga digagalkan oleh Bravo.

Menjelang babak pertama berakhir, Bravo kembali menggagalkan peluang dari Kolombia. Kali ini, tendangan kaki kanan Carlos Sanchez dari luar kotak penalti ditepisnya dengan satu tangan.

Skor 2-0 bertahan sampai babak pertama selesai.

Kick-off babak kedua pertandingan ini tertunda karena cuaca yang buruk di Chicago. Pernyataan resmi pertama yang dikeluarkan, kick-off bakal tertunda selama 30 menit.

Dari laporan yang dilansir oleh ESPN dan The Guardian, hujan deras disertai petir mengguyur area di sekitar stadion. Setelah sekitar dua jam, pertandingan kembali dilanjutkan.

Di awal babak kedua, klaim penalti Kolombia ditolak. James Rodriguez merampas bola yang gagal dikuasai Jara dengan sempurna sebelum dijatuhkan. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagi pelanggaran.

Usaha Kolombia untuk mengejar ketinggalan dari Chile semakin berat. Di menit 57, Carlos Sanchez diusir dari permainan usai menerima kartu kuning kedua akibat melakukan tekel telat terhadap Aranguiz.

Bermain dengan 10 orang bukan berarti Kolombia tidakmampu menciptakan peluang. Christian Zapata menembus pertahanan Chile sebelum melepaskan tembakan dari kotak penalti ke tiang jauh, bola melebar tipis.

Ancaman lain Kolombia. James Rodriguez melepaskan tembakan kencang dari luar kotak penalti Chile, bola gagal ditangkap Bravo dengan sempurna tapi bola rebound bisa diamankan sebelum bisa dicecar pemain lawan.

Serangan demi serangan Kolombia terus bergulir. Namun, Kolombia tidak mampu menembus kotak penalti Chile sehingga dipaksa melakukan tembakan-tembakan jarak jauh.

Chile nyaris menciptakan gol ketiga. Dari kerjasama Edson Puch, Vargas, dan Alexis, yang mampu menembus kotak penalti Kolombia. Akan tetapi, Zapata melakukan tekel kepada Alexis untuk menyapu bola.

Di menit-menit akhir waktu normal terjadi keributan antar kedua pemain yang diawali dari tekel Jeison Murillo kepada Puch.

Susunan Pemain

KOLOMBIA: Ospina, Murillo, Zapata, Arias, Fabra (Perez 72), Carlos Sanchez, Dani Torres, Cardona, Cuadrado (Bacca 80), James, Martinez.

CHILE: Bravo, Jara, Medel, Beausejour, Isla, Silva, Aranguiz, Fuenzalida (Puch 74), Hernandez (Pulgar 30), Alexis, Vargas (Gonzales 88).  (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES