China akan batasi penjualan kendaraan dengan kontrol polusiBloomberg, (10/01) Asosiasi mobil China memperkirakan bahwa tingkat penjualan bermotor di pasar mobil terebesar dunia tersebut akan melambat tahun ini karena kampanye penghematan bahan bakar dan anti polusi yang semakin meluas.

China yang pada tahun 2013 menjadi Negara pertama yang tingkat penjualan mobil domestic mencapai lebih dari 20 juta unit tahun lalu, akan mengalami pertumbuhan sebesar 10 persen pada tahun 2014 setelah tahun lalu mencapai sebesar 14 persen, dikatakan oleh China Association of Automobile Manufacture kemarin.

Motorisasi di China telah memberikan keuntungan bagi produsen asing yang sebagian besar mendapatkan rekor penjualan di Negara tersebut tahun lalu sehingga ini membuat pemerintahnya turun tangan untuk mengatasi peningkatan polusi dan kemacetan lalu lintas.

Meningkatnya jumlah mobil di jalan-jalan telah mengorbankan kualitas udara dan membuat kementerian industri China untuk memberikan tanda-tanda akan adanya perlambatan penjualan mobil tahun ini seiring makin banyaknya kota yang mulai membatasi jumlah mobil untuk menekan polusi udara.

China, penghasil emisi karbon terbesar di dunia adalah rumah bagi beberapa kota yang paling tercemar di dunia saat ini dengan tingkat kabut asap yang dapat melebihi hampir 40 kali dari ambang batas keselamatan berdasarkan acuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Polusi udara luar ruangan ditemukan dapat menyebabkan kanker paru-paru dan terkait dengan peningkatan risiko kanker kandung kemih, agen dari WHO mengatakan bulan lalu.

Utara Kota Tianjin mulai membatasi populasi mobil tahun ini, bergabung dengan Beijing , Shanghai , Guangzhou dan Guiyang yang sebelumnya telah menerapkan kuota kendaraan.

Untuk memerangi polusi udara, Kabinet Negara China merilis sebuah rencana nasional pada bulan September lalu yang menyerukan pengurangan 15 persen menjadi 25 persen partikulat hingga tahun 2017 di tiga wilayah manufaktur kunci yaitu Beijing, Shanghai dan Guangzhou.

Emisi kendaraan sekarang merupakan kontribusi 20 persen dari PM2.5 partikulat yang menimbulkan risiko kesehatan terbesar karena dapat menembus jauh ke dalam paru-paru, menurut kantor berita resmi Xinhua .

Namun, 23.74 juta hingga 24.18 juta tingkat penjualan kendaraan yang diproyeksikan oleh asosiasi automotif China untuk tahun 2014 akan berarati bahwa Toyota Motor Corp, General Motors Co (GM) dan Volkswagen AG (VOW) kemungkinan akan tetap mecatat rekor penjualan di China.

 Artikel: kontakperkasa futures.