China Potong Tingkat Suku Bunga Acuan Yuan Pada Rekor 1,9 Pasca Penurunan Ekspor KontakPerkasa Futures, China melemahkan tingkat suku bunga acuan harian yuan pada rekor 1,9%, yang memungkinkan penyusutan atau depresiasi mata uang untuk memerangi penurunan ekspor.

Mata uang mengalami penurunan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebesar 1,2% menjadi 6,2848 per dolar pada pukul 09:43 pagi di Shanghai, dan turun dengan jumlah yang sama dalam perdagangan luar negeri Hong Kong. Harga spot daratan adalah 0,9% lebih lemah dari tingkat referensi 6,2298, dalam batas 2% yang diperbolehkan oleh Bank Rakyat Cina.

Peningkatan suku bunga acuan pada hari Senin adalah penyesuaian satu kali, PBOC mengatakan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa hal tersebut akan memperkuat peran pasar dalam memperbaiki dan mempromosikan konvergensi tingkat suku bunga acuan di daratan dan luar negeri. Dikatakan juga bahwa itu akan tetap membuat yuan stabil pada tingkat yang wajar. Nilai tukar efektif yuan lebih kuat daripada mata uang lainnya, yang merupakan penyimpangan dari ekspektasi pasar, kata bank sentral.

Komentar tersebut muncul setelah PBOC mengatakan pada Selasa sebelumnya bahwa penguatan yuan memberikan tekanan pada ekspor. Pengiriman luar negeri China turun 8,3% dari tahun sebelumnya dalam hitungan dolar pada bulan Juli, jauh di bawah perkiraan untuk penurunan 1,5% dalam survei Bloomberg.

PBOC telah membuat yuan secara umum stabil terhadap dolar sejak Maret dan telah memperketat cengkeramannya pada nilai tukar karena mendorong penggunaan global yang lebih besar dalam mendorong status cadangan resmi di Dana Moneter Internasional. Level penutupan mata uang di Shanghai dibatasi di 6,2096 atau 6,2097 terhadap dolar AS selama lebih dari seminggu dan pergerakan setiap hari maksimumnya adalah 0,01% selama bulan lalu.

Kejutan China dalam memotong tingkat suku bunga acuan memicu penurunan lebih dari 0,4% dalam dolar Australia, won Korea Selatan dan dolar Singapura, sementara Indeks Hong Kong Hang Seng naik 1,1% dan Indeks Taiwan naik 1%.(hnm)

 

Artikel: kontakperkasa futures.