City Diprediksi Juara, Unggul Selisih Gol dari ChelseaJakarta – Premier League 2014-15 akan mulai bergulir di akhir pekan. Juaranya tentu baru akan ketahuan semusim ke depan, meski sebuah proyeksi sudah memprediksi Manchester City akan jadi juara berkat keunggulan selisih gol dari Chelsea.

City, juara Premier League musim lalu, diperkirakan bakal mempertahankan gelar juaranya setelah meraih 80 poin. Jumlah setara dikoleksi Chelsea di posisi dua, tetapi The Blues masih kalah selisih dua gol dari The Citizens.

Posisi tiga sementara itu diprediksi bakal dihuni oleh Arsenal yang diikuti oleh Manchester United, yang musim 2013-14 terjerembab ke peringkat tujuh, di posisi empat. Runner-up musim lalu, Liverpool, hadir di posisi lima, lalu Tottenham Hotspur menggenapi enam besar proyeksi tersebut.

Proyeksi itu sendiri dihasilkan oleh sebuah firma yang berbasis di Amerika Serikat, Soccer Metrics Research. Proyeksi mereka merupakan kombinasi dari statistik perkiraan yang didasarkan dari output statistik di musim sebelumnya dan skuat yang saat ini dan proyeksi Pythagoras catatan-catatan tim Premier League berdasarkan statistik perkiraannya.

“Saya memprediksi titel Premier League akan diperebutkan oleh Manchester City dan Chelsea, dengan City berhasil menang tipis lewat selisih gol (dan mungkin juga gol yang dicetak),” tulis Howard Hamilton, pendiri sekaligus CEO dari Soccermetrics Research, LLC.

Tentu akan ada yang pro dan kontra dengan proyeksi tersebut, khususnya kubu suporter dari masing-masing klub.

Satu hal yang patut dicatat adalah pada musim lalu firma ini memprediksi bahwa Chelsea akan tampil jadi juara Premier League, dan secara berurutan diikuti oleh City, United, Arsenal, Spurs, dan Liverpool di posisi enam besar–cuma The Gunners yang diproyeksikan dengan tepat.

Artikel: kontakperkasa futures.