PT KONTAK PERKASA FUTURES – Manchester City terbilang gagal total musim lalu karena tak mampu tampil maksimal. Hal ini diakui oleh bek kiri The Citizens, Gael Clichy.

City musim lalu cuma bisa meraih gelar juara Piala Liga Inggris usai mengalahkan Liverpool di final. Di Premier League, City gagal total.

Padahal City sampai pertengahan musim masih duduk di posisi dua besar dan bersaing ketat dengan Leicester City. Namun, setelah pengumuman Pep Guardiola sebagai manajer baru musim ini, performa City terjun bebas.

Serangkaian hasil buruk didapat tim tersebut yang nyaris saja membuat mereka gagal lolos Liga Champions sebelum finis posisi keempat. Total 66 poin yang dipunya City adalah yang terburuk dalam tujuh tahun terakhir ini.

Hasil buruk di kompetisi domestik juga ditambah dengan tersingkirnya mereka di babak perempatfinal Piala FA usai dikalahkan Chelsea.

Serangkaian hasil buruk itu memang masih terobati dengan keberhasilan mereka lolos ke semifinal Liga Champions yang merupakan kali pertama dalam sejarah klub tersebut. Meski demikian, tetap saja kegagalan jadi juara liga merupakan hasil buruk untuk klub seperti City.

Itu belum lagi ditutup dengan kepergian Manuel Pellegrini di akhir musim yang makin menambah suram musim City.

“Hal itu wajar terjadi. Contoh saja, jika Anda bekerja lalu berlibur di Hawaii sebulan atau bulan madu, Anda harus memikirkan soal ini. Bahkan jika Anda tahu bahwa saat ini lebih penting. Anda tidak bisa menghindarinya,” ujar Clichy di Soccernet.

“Anda harusnya bisa menghindari itu tapi Anda di Manchester, di sini hujan, dan Anda tahu bahwa Anda akan ada di Hawaii dua pekan lagi, jadi Anda harus memikirkan hal-hal seperti itu. Mungkin (Pellegrini) tepat dengan mengatakan itu,” sambungnya.

“Memang kami beruntung bisa lolos ke semifinal Liga Champions, tapi Anda butuh keberuntungan dalam hidup. Tapi kami tidak akan lolos ke semifinal jika tidak bekerja keras.”

“Tapi setelah apa yang terjadi, maka terjadilah. Kami menjalani musim buruk di Premier League. Sementara kami tampil bagus di Liga Champions,” tutupnya. (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES