Conte Sangat Senang Dipercaya Melatih ItaliaRoma – Antonio Conte akan memulai petualangan barunya sebagai pelatih tim nasional Italia. Bakal menghadapi tantangan yang berbeda dari di level klub, Contesangat senang bisa mendapat kesempatan ini.

Setelah memutuskan mundur dari Juventus, Conte memang kencang diisukan akan jadi pelatih baru Italia menggantikan Cesare Prandelli. Selain Conte, sempat ada nama-nama seperti Alberto Zaccheroni, Luciano Spalletti, dan Walter Zenga.

Namun dari sederet nama itu tentu Conte punya nilai plus ketika sentuhan dinginnnya membawa Juve kembali ke masa kejayaannya, yakni berjaya di Italia lewat tiga gelar Scudetto beruntun.

Tak cuma Scudetto, Conte juga menyulap Juve menjadi tim yang tangguh dan mengembalikan lagi pamor formasi 3-5-2 di Italia. Maka wajar jika fans Bianconeri merasa kehilangan Conte.

Nyaris sebulan setelah Conte memutuskan mundur dari Juve, ia pun menerima pinangan Federasi Sepakbola Italia (FIGC) dan meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan gaji 2 juta euro per tahun plus bonus, jika Italia lolos ke putaran final Piala Eropa, menaikkan ranking Italia lima strip, dan masuk ke final Piala Eropa 2016.

Beban Conte pun sedikit berat mengingat di tangan Prandelli, Italia mengalami perbaikan penampilan pasca gagal total di Piala Dunia 2010. Gianluigi Buffon dkk. jadi finalis Piala Eropa 2012, peringkat ketiga Piala Konfederasi 2013, meski akhir era Prandelli ditandai dengan tersingkirnya Italia di fase grup Piala Dunia lalu.

“Saya sangat senang,” ujar Conte singkat kepada ANSA tak lama setelah dirinya diangkat jadi pelatih Italia.

Debut Conte sebagai arsitek Gli Azzurri adalah persahabatan melawan Belanda pada 4 September mendatang.

Artikel: kontakperkasa futures.