CT Atasi BBM, I'm Not SupermanPemerintah memastikan opsi pengurangan subsidi energi melalui kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) belum mungkin dilakukan. Meski demikian, opsi tersebut tetap terbuka untuk dilakukan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengatakan, penyelesaian persoalan subsidi sulit diselesaikan dalam lima bulan tersisa masa pemerintahan saat ini.

“Karena itu bukan lewat kepmen atau presiden. Ini keputusan pemerintah dan DPR. Butuh waktu yang panjang,” tuturnya ketika melakukan pertemuan dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) di Gedung Permata, Kuningan, Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Beberapa keluhan memang datang dari kalangan dunia usaha terkait persoalan subsidi yang terus menggerogoti APBN. Menanggapi keluhan tersebut, miliarder Indonesia itu menyatakan persoalan subsidi tidak bisa dilakukan segampang membaik telapak tangan.

“Soal subsidi, saya tidak mungkin bisa selesaikan dalam lima bulan ini. I am not Superman! Saya tidak bisa balikkan semuanya dengan sekejap dalam lima bulan ini,” ujarnya.

Dia memastikan hasil pembahasan APBN-Perubahan yang kini sedang dibahas di DPR akan menjadi dasar bagi kebijakan pemerintah. “Kita tunggu proses pembahasan APBN-P yang sedang berlangsung di DPR. Tapi, opsi itu akan tetap saya buka,” jelasnya.

Artikel: kontakperkasa futures.