Dalam 20 Bulan Spanyol Kemasukan 8 Gol, Casillas Masih 0 KontakPerkasa Futures, Tanda tanya siapa kiper utama Spanyol di Piala Eropa 2016 bakal diketahui di hari pertandingan. Jika mau berkaca pada performa kiper dalam sekitar dua tahun ke belakang, Iker Casillas masih jadi yang terdepan.

Spanyol menelan kekalahan mengejutkan – yang juga menyesakkan – pada laga ujicoba terakhir jelang Piala Eropa 2016. Menghadapi Georgia yang kini berada di luar 100 besar dunia, La Furia Roja tunduk dengan skor tipis 0-1.

Kritik lantas mengalir deras pada skuat Vicente del Bosque atas hasil laga itu. Apalagi kekalahan tersebut terjadi hanya lima hari sebelum pertandingan menghadapi Republik Ceko di Grup D.

Salah satu fakta menarik dari kekalahan tersebut adalah soal posisi penjaga gawang. Meski Del Bosque belum memutuskan siapa kiper utamanya di Piala Eropa 2016, dalam laga tersebut De Gea dipilih sebagai starter dan bermain penuh selama 90 menit. Gawang De Gea dijebol Tornike Okriashvili menjelang babak pertama tuntas.

Itu menjadi gol nomor delapan yang bersarang di gawang Spanyol dalam kurun 20 bulan terakhir. Terhitung sejak November 2014 Spanyol sudah menjalani 16 pertandingan, yang terdiri dari Kualifikasi Piala Eropa dan laga-laga ujicoba dan persahabatan.

Yang menarik, dari delapan gol dalam 20 bulan tersebut tidak ada satupun yang terjadi saat gawang Spanyol dijaga Casillas. Kiper FC Porto itu tercatat sembilan kali dimainkan sebagai starter. Demikian dikutip dari Marca.

Masih menurut statistik Marca, dari delapan gol yang masuk ke gawang Spanyol tersebut mayoritas terjadi saat De Gea bertugas sebagai kiper (5 kali; vs Kosta Rika, Belanda, Italia, Georgia). Sementara sisanya adalah saat gawang La Furia Roja dijaga oleh Sergio Asenjo (vs Bosnia Herzegovia), Kiko Casilla (vs Jerman) dan Sergio Rico (vs Korea Selatan).

Casillas main sebagai starter saat Spanyol mengalahkan Korea Selatan 6-1 pada beberapa hari lalu. Tapi saat Korea Selatan berhasil mencetak gol, Casillas sudah digantikan oleh Sergio Rico.

Statistik ini bisa saja menjadi pertimbangan Del Bosque dalam menentukan siapa yang nantinya akan dia pilih sebagai kiper utama Spanyol di Prancis 2016 ini. De Gea memang sangat solid saat menjaga gawang Manchester United, tapi di Timnas Spanyol Casillas sepertinya masih punya tuah. (hnm)

Artikel: kontakperkasa futures.