PT KONTAK PERKASA  FUTURES – Pasar saham di Asia bergerak menghijau dan saham-saham di Shanghai menguat pada hari Jumat meski survei manufaktur China dari Caixin mengecewakan dengan diliputi data regional yang sibuk dan investor mengambil sinyal dari kenaikan pasar saham AS semalam serta prospek pelonggaran kebijakan moneter di Inggris pasca Brexit.

Komposit Shanghai naik 0,42%, sedangkan S&P/ASX 200 menguat 0,48% dan Nikkei 225 naik tipis 0,64%.

Pengukur manufaktur di Cina yang dirilis pada hari Jumat hasilnya beragam dengan survei Caixin turun tak terduga dan hasil yang diharapkan datang dari data Logistik dan Pembelian Federasi China serta Biro Nasional Statistik.

“Secara keseluruhan, kondisi ekonomi pada kuartal kedua jauh lebih lemah dari pada kuartal pertama, yang berarti belum ada pelonggaran dari tekanan dalam pertumbuhan. Dengan latar belakang lingkungan eksternal bergejolak, dan untuk mencegah penurunan ekonomi yang tajam, pemerintah harus memperkuat kebijakan fiskal proaktif sambil terus mengikuti kebijakan moneter yang bijaksana,” kata Zhong Zhengsheng, Direktur Analisis Makroekonomi di CEBM Grup dalam rilis PMI Caixin ini.

Sebelumnya, indeks manufaktur AIG Australia dirilis 51,8, di atas 51,0 untuk bulan sebelumnya, ekspansi 12 bulan beruntun dalam industri manufaktur dibantu oleh penurunan nilai tukar selama beberapa tahun terakhir. Tetapi bisnis secara umum terus menghadapi ketidakpastian dari pemilihan federal yang akan datang.

Di Jepang CPI inti nasional untuk bulan Mei turun 0,4% tahun-ke-tahun seperti yang diharapkan. Serta pengeluaran rumah tangga untuk bulan Mei turun 1,1% tahun-ke-tahun, kurang dari penurunan 1,4% terlihat, tetapi angka bulan-ke-bulan jatuh 1,5%, lebih dari penurunan 0,2% yang diharapkan.

Secara keseluruhan, kenaikan upah yang lebih lambat pada tahun fiskal 2016 meredupkan prospek Bank of Japan menuju inflasi 2% dari nol dalam dua tahun ke depan. Apresiasi yen baru-baru ini akan menurunkan biaya impor dan mendukung perusahaan kecil dan rumah tangga tapi dari sudut pandang BoJ, hal itu akan melawan upaya BoJ untuk meningkatkan ekonomi.

Tingkat pengangguran di Jepang untuk bulan Mei tetap stabil pada 3,2% dan Tankan semua industri besar CAPEX untuk kuartal kedua naik 6,2%, mengalahkan keuntungan 5,9% yang diharapkan.

Semalam, pasar saham AS menguat setelah penutupan pada hari Kamis, dengan keuntungan dalam sektor Barang Konsumen, Utilitas dan Industri memimpin saham lebih tinggi.

Pada penutupan di NYSE, dengan Dow Jones Industrial Average naik 1,33%, sedangkan indeks S&P 500 naik 1,36%, dan Indeks Komposit NASDAQ naik 1,33% . (hnm) – KONTAK PERKASA FUTURES